Sang Garuda – Elang Jawa yang Eksotis


apabila kita menonton suatu tempat kasta, raut burung yg wahid ini dapat senantiasa tampak bertengger di bidang depan, cocok di atas photo presiden dan wakilnya. Ya!, burung Garuda sang simbol negeri Indonesia dan Filipina ini memang lah makhluk legenda. asal asal mitologi Hindu menyangkut seekor burung berbadan insan yg jadi tunggangan sang dewa Wisnu. memang lah mustahil menyaksikan garuda original di dunia berwujud, namun elang berjambul yg wahid ini benar-benar kelihatan teramat serupa bersama sang Garuda. Inilah Elang Jawa, sang Garuda bermula darat pertiwi.


Berdasarkan Keppres no 4 th 1993, Elang Jawa dgn sekian banyak satwa yang lain diangkat juga sebagai Satwa Nasional yg jadi kebanggaan tanah pertiwi. Elang yg kembali jadi maskot club sepakbola PSS Sleman ini memang lah amat sangat karismatik, lebihlebih bersama jambulnya yg amat serupa bersama sang Garuda yg jadi simbol negeri NKRI. taksalah jikalau burung ini tidak jarang dinamakan sbg ‘burung Garuda’ oleh sebagian pengamat burung yg persahabatan dapat kegagahannya disaat melambung di angkasa.


Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) atau Javan Hawk Eagle adalah elang berdimensi terus bersama panjang badan kurang lebih 60 centi meter. Ciri-ciri Elang Jawa yg paling mampudikenali yaitu jambulnya yg unik, beragam hitam dan menaikkan kasep di atas kepalanya. Elang Jawa dewasa mempunyai bulu punggung yg liar, bersama ragam coklat kemerahan di segi sirah, garisan lurus di tenggorokan, dan garis-garis horizontal hitam di dada bersama latar putih. Elang Jawa bujang atau juvenil pun mempunyai jambul, namundgn coklat pucat yg serona di badan sektor depan. diwaktu lepas landas, burung ini sanggup dikenali berasal sayapnya yg membulat, tekuk ke atas menempa alfabet ‘v’, dan