Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Tua yg Tak Semistis Dulu Lagi

Alas Purwo senantiasa identik bersama kisah-kisah misteri di dalamnya, tetapi itu tak legal waktu ini. Kini kawasan Taman Nasional Alas Purwo lebih bersahabat dgn wisatawan. Hal ini dipengaruhi juga bersama semakin tenarnya kawasan pantai yg berada di dalam kawasan taman nasional tersebut.


Berbagai gerakan seru bisa traveler melaksanakan di Taman Nasional Alas Purwo, mulai sejak dari bersafari menyaksikan satwa liar di dalam hutan atau bermain-main di pantai ygada di sana. Taman nasional ini berada di Kecamatan Kalipuro, Kab Banyuwangi & jadi salah satu hutan tertua di Indonesia. Berikut ulasan kumplit mengenai Alas Purwo.


1. Taman Nasional Alas Purwo, Hutan Terlarang yg Kini Membumi


Memasuki kawasan Taman Nasional Alas Purwo seakan mengambil Anda masuk ke dalam alam lain. Karakteristik alam yg ada di sana teramat tidak serupa bersama daerah yang lain. Benar saja lantaran taman nasional ini berisi hutan hujan tropis tertua di Indonesia maka aneka kategori pepohonan di sana sudah berusia beberapa ratus th. Dengan suasana sunyi &cuma ada kicauan burung & nada hewan liar menciptakan suasana hutan semakin mencekam.


Lanskap Alas Purwo via Indonesia Travel
Lanskap Alas Purwo via Indonesia Travel
Namun Anda tak butuh takut, biarpun hutan ini pernah diselimuti cerita-cerita mengerikan sewaktu puluhan th tetapi ruang ini pass menarik & bersahabat buat dikunjungi bersamacatatan traveler masuk dengan cara benar dgn mengurus perizinan. Taman Nasional Alas Purwo benar-benar inspirasi cerita-cerita kuno pun film silat lantaran lalu hutan ini jadi lokasiorang tertentu dalam mengasah kesaktian & bermacam perihal klenik lainnya.


Hal tersebut dibuktikan dgn tidak sedikit ditemukannya lokasi peribadatan kuno yg berada di tengah hutan seperti pura. Bahkan tiap-tiap 210 hri sekali penduduk Hindu dengan carateratur datang ke sana buat jalankan peribadatan peringatan hri suci Pager Wesi. Selain itu terdapat serta gua-gua yg dulunya diperlukan sbg ruangan bertapa. Menurut masyarakatkira kira Bung Karno serta sempat bertapa di sana.


2. Apa Saja yg Bisa Dilakukan di Taman Nasional Alas Purwo?


Petualangan ialah sebuah gerakan yg palingseru dilakukan di dalam taman nasional ini. Traveler mampu puas bertualang menembus pekatnya hutan hujan sambil menyaksikananeka satwa berkeliaran. Jika miliki nyali lebih sanggup mengahdiri gua-gua yg ada di sana yg tidak jarang difungsikan utk semedi orang-orang era dulu, seperti Gua Putri, Gua Padepokan, & Gua Macan yg dianggap mempunyai kemampuan magis paling tinggi.


Satwa di Alas Purwo via Indonesia Travel
Satwa di Alas Purwo via Indonesia Travel
Banyak spot lain yg menarik buat dikunjungi di Taman Nasional Alas Purwo antara lain, Pantai Trianggulasi ruangan menarik utk menyaksikan aneka type penyu yg bertelur di tepipantai, ruang penetasan & penangkaran penyu di Ngagelan, bagi yg menyukai trekking bersama suasana gunung sanggup datang ke Tanjung Sembulungan atau menonton aneka burung asal Australia yg melaksanakan migrasi kala masa dingin di Cunggur. Jika itu belum pass, menjelajahi hutan mangrove paling besar se-Asia di Bedul mungkin saja jadi konsepyg menarik.


3. Pilihan Akomodasi & Kuliner di Taman Nasional Alas Purwo


Tidak tidak sedikit pilihan penginapan yg sedia di Taman nasional Alas Purwo. Satu-satunya jalan ialah bersama menginap di daerah Pantai Plengkung atau di Pantai Grajagan. Khusus di Pantai Plengkung ada tiga pilihan penginapan adalah Joyo’s Surf Camp, G-Land Bobby’s Surf Camp, & G-Land Surf Camp.


Salah satu Surf Camp di Pantai Plengkung via Indonesia Travel
Salah satu Surf Camp di Pantai Plengkung via Indonesia Travel
Harga sewa per tengah malam di surf camp G-Land berkisar antara rupiah. 150 ribu sampai rupiah. 500 ribu. Namun janganlah melamun Anda bakal mendapati media kamar mewah seperti di hotel karena dalam satu kamar cuma sedia dua area tidur dgn kipas angin mini & pembatas antar area hanya terbuat dari triplek. Listrik di sana cuma ada kepada tengah malam hri saja dgn pertolongan genset. Namun kesederhanaan ini tak mengurangi pengalaman luar biasa yg bakal Anda dapatkan.


Kuliner yg dapat traveler temukan di sana yakni beragam hidangan khas Banyuwangi seperti pecel rawon, rujak soto, sego tempong, gecok lucu, jangan sampai banci, janganlah klopo,& ndok pindang. Semua makanan tersebut bisa bersama gampang di temukan di sana.


4. Rute Menuju Taman Nasional Alas Purwo


Rute menuju Taman Nasioanal Alas Purwo terbilang susah-susah mudah. Susah dikarenakan belum tidak sedikit transportasi umum yg mengakomodasi traveler utk hingga di tempat. Perjalanan bakal lebih enteng bila Anda mengambil kendaran sendiri atau menyewa mobil. Taman Nasional ini berada di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.


Taman Nasional Alas Purwo via Indonesia Travel
Taman Nasional Alas Purwo via Indonesia Travel
Lokasi Taman Nasional Alas Purwo berjarak 5 kilometer dari pelabuhan Ketapang. Letaknya ada di perlintasan trayek yg menghubungkan Banyuwangi & Situbondo. Atau dari pusat kota Banyuwangi berkendara ke selatan sewaktu dua jam lewat Kecamatan Rogojampi-Srono-Muncar-Tegaldlimo. Dari Tegaldimo perjalanan bakal sedikit mandek sebab keadaanjalan yg rusak sampai menuju ke Pos Perhutani Taman Nasional Alas Purwo. Di pos ini traveler sanggup menitipkan kendaraan.


5. Tips Menjelajahi Alas Purwo pula Waktu Terbaik Berkunjung


Setelah hingga di Pos Perhutani traveler rata rata dapat menitipkan kendaraan mereka di sana & menyambung adventure bersama menyewa mobil punyai perhutani. Harga sewanya ada di kisaran Rp.150 ribu sampai Rp.250 ribu tergantung macam mana Anda jalankan negosiasi. Namun seandainya mau memperoleh pengalaman yg lebih menantangmelaksanakan penjelajahan hutan bersama trick trekking namun jangan sampai sembarangan buat ijin ke perhutani dulu.


Taman Nasional Alas Purwo via Indonesia Travel
Taman Nasional Alas Purwo via Indonesia Travel
Waktu paling baik utk menonton satwa liar yaitu terhadap ketika pagi & sore hri. Pada pagi satwa bakal tampak terhadap pukul 06.00-09.00 & di sore hri terhadap pukul 14.00-17.00. Siang hri rata-rata hewan-hewan bakal masuk ke dalam hutan utk berteduh. So, pastikan Anda datang terhadap jam-jam tersebut seandainya mau berburu objek jepretan hewan liaryg oke.


Buat traveler yg perlu info sekitar perijinan di dalam kawasan taman nasional dapat menghubungi kantor Balai Taman Nasional Alas Purwo, di Jalan Achmad Yani No. 108 Banyuwangi 68416, Jawa Timur atau sanggup menghubungi nomer telpon 0333-410857.


Satu faktor lagi yg butuh diingat diwaktu menjelajahi Alas Purwo yakni jaga sikap & janganlah merusak hutan. Anda dapat menemukan papan bertuliskan janganlah� tinggalkan apapun kecuali telapak kaki & jangan sampai membawa apapun kecuali poto. Alam itu pasrah kepadamu” di salah satu pintu masuk taman nasional tersebut.