Cara Melihat Potensi Sapi Betina

Menjadi seorang peternak sapi pembibitan bukanlah hal yang mudah. Banyak faktor yang wajib dipelajari dan diketahui seorang peternak sapi calon raiser.

Jika sebelumnya telah dibahas tentang cara mengawinkan ternak sapi dengan inseminasi buatan dan dengan kawin alam atau menggunakan pejantan, juga tentang ciri-ciri pejantan unggul, maka berikut ini adalah beberapa informasi tentang ciri-ciri sapi betina yang layak dijadikan sapi indukan yang bagus dan bisa menghindarkan dari masalah prolaps serta kesulitan melahirkan.

Ciri-ciri Umum Sapi Betina yang Bagus Buat Indukan

Sehat

Gerakan Lincah

Kulit cerah dan tidak kusam

Mata Cemerlang tidak keruh

Bentuk fisik kompak, tidak cacat

Nafsu makan bagus

Sifat tenang dan tidak mudah stres

Kondisi rahim/uterus bagus/ordinary

Ciri Khusus. Ciri-ciri diatas adalah ciri umum seekor sapi betina bisa menjadi sapi indukan. Tetapi ada satu ciri khusus yang perlu diperhatikan pada sapi betina yang manfaatnya adalah untuk semakin memperkecil resiko prolaps yaitu ukuran panjang jarak antara rusuk dan panggul. Prinsipnya adalah semakin jauh atau semakin panjang jarak antara rusuk dengan panggul maka akan bisa memperkecil resiko terjadinya prolaps pada sapi betina indukan. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar/foto sapi betina dibawah ini. Semoga bermanfaat.