Tips Dump Truck Dan Cara Mengoperasikannya


Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman pribadi tentang cara mendirikan usaha sendiri dengan membeli sebuah dumptruck untuk dioperasikan sendiri atau disopiri sendiri, berawal dari membeli sebuah atau satu unit Jual Dump Truck Murah bekas yang nantinya diharapkan bisa menjadi bertambah banyak jumlahnya. Pengalaman ini terjadi ketika saya gagal pada saat ingin bekerja di Kalimantan sebagai operator excavator atau sebagai kaum buruh.




Anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya disini, Cara belajar mengoperasikan Excavator dengan cepat. Saya awalnya bertujuan ingin menjadi seorang karyawan atau buruh (operator excavator, buldozer, wheel loader dkk), namun saya gagal menjadi buruh dan malah mengarah menjadi seorang pengusaha (namun mencoba dan masih belajar) dengan sedikit modal yang benar-benar pas-pasan. Biasanya ide-ide hebat akan timbul setelah kita mengalami kepepet.

Sebelumnya saya melamar kerja kemana-mana tidak berhasil dan akhirnya nekat membeli sebuah dumptruck dengan cara ngutang atau kredit. Tidak punya uang tapi ingin punya dumptruck, caranya ya ngutang aja. Akan tetapi karena saya sendiri kurang mahir dalam mengemudikan dumptruck, akhirnya tanpa sengaja saya sekarang memiliki seorang karyawan sopir dumptruck, dan saya sendiri sekarang menjadi pengangguran yang sedang mencari kerja lagi sebagai karyawan sambil memonitor dumptruck hasil ngutang saya :-) . Jika sukses nantinya saya ingin ngutang lagi, gkgkgk.... InsyaAllah.

Namun perlu diingat bahwa kita tidak boleh gegabah, karena setiap kita memulai usaha apapun diperlukan perjuangan serta kerja keras ketika masih dalam tahap merintis maupun jika bisnis kita sudah berjalan nantinya.

Beberapa hal tentang Jual Dump Truck Murah ini saya ketahui setelah saya hampir saja terjebak hutang, dimana dumptruck yang saya beli adalah eks/bekas proyek yang pernah digunakan untuk pekerjaan berat dengan kondisi banyak kerusakan pada bagian dalamnya tetapi pada bagian luarnya terlihat bagus, dan saya membelinya dengan cara kredit dengan angsuran yang cukup berat untuk setiap bulannya. Maklum saya tidak paham tentang cara membeli dumptruck, jadi hanya bermodal nekat aja karena kepepet. Untungnya saya menemukan solusi dan mengambil tindakan cepat yang akhirnya selamat dari hutang berbunga yang menghadang di depan.

Langsung saja kita bahas


Ada dua point pokok yang harus kita pikirkan jika ingin membeli dumptruck, yaitu operasional dan kondisi unit

1. Operasional

* Sebelum kita membeli dumptruck, kita harus sudah merencanakan bahwa untuk apa dan dimana dumptruck tersebut nantinya akan kita operasikan, dan operasi tersebut tidak boleh berhenti sampai masa lunas tiba (jika kita membelinya secara kredit). Jadi kita harus mencari order sendiri yang permanen sebelum membeli unit secara kredit. Jangan hanya percaya dengan cerita orang atau teman jika mereka mengatakan bahwa ada order yang bagus lantas anda membeli dumptruck dengan cara kredit, namun setelah kita terjuni ternyata order tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang kita harapkan. Akhirnya kita terbelit hutang dengan bank.

* Kita harus punya penghasilan lain atau usaha lain yang sudah berjalan agar kita bisa membayar angsuran bank jika suatu saat nanti dumptruck kita menemui masalah. Misalnya, kerusakan unit yang bisa datang sewaktu-waktu maupun situasi dan kondisi perekonomian maupun cuaca yang bisa berubah sewaktu-waktu yang mengakibatkan dumptruck kita tidak bisa beroperasi karena berbagai alasan sehingga dumptruck tidak bisa mendapatkan penghasilan untuk membayar angsuran bulan depan.

Solusinya:

Kita harus menemukan perusahaan kuat yang mau menyewa atau memanfaatkan jasa dumptruck kita dalam jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi jika kita membuat kontrak kerja dengan perusahaan atau custumer kita tersebut. Salah satu contoh, perusahaan yang kuat adalah perusahaan yang menggunakan jasa angkutan dari dumptruck kita dengan sistem DO (delivery order) seperti tambang batu yang melayani pabrik dan sejenisnya. Contoh lain, kita harus menemukan perusahaan yang menggunakan jasa dumptruck secara permanen seperti pabrik yang memiliki penggilingan batu yang setiap harinya memerlukan jasa angkutan dumptruck. Kita bisa setiap hari mengangkut batu untuk dikirim ke pabrik tersebut. Dan sebagainya.

Jika order kita tidak permanen seperti diatas, sebaiknya jangan membeli dumptruck secara kredit agar kita tidak terjerumus ke dalam masalah (hutang) dikemudian hari. Bahkan tidak menutup kemungkinan dumptruck kita akan disita oleh pihak bank jika kita tidak mampu membayar angsuran dalam jangka waktu tertentu. Ini berarti uang muka (DP) kita akan hilang ditelan bumi :-)

2. Kondisi Unit



* Kondisi unit dumptruck yang kita beli harus sehat agar tidak sering rusak. Pilihlah dumptruck yang sedang berjalan, artinya dumptruck yang sedang beroperasi namun dijual oleh pemiliknya. Dumptruck yang sedang beroperasi memiliki tingkat kerusakan yang minim daripada dumptruck yang lama nongkrong di garasi.

Tetapi jika anda ingin membeli dumptruck yang masih baru (bukan bekas) secara kredit, anda tidak perlu khawatir karena tidak sering terjadi kerusakan, namun anda harus memiliki penghasilan yang kuat karena biaya angsuran perbulan tentunya juga tinggi.

* Utamakan bagian kaki unit. Jika anda membeli dumptruck bekas, maka utamakan bagian perangkat kaki, yaitu bagian chasis beserta perangkatnya seperti gardan, roda dll. Dumptruck ibarat gerobak yang digunakan untuk mengangkut barang-barang berat, jadi gerobak tersebut harus benar-benar kuat. Sedangkan bagian mesin hanyalah alat untuk menarik gerobak tersebut. Maka dari itu mesin adalah bagian nomor dua dalam memilih dumptruck yang bagus. Namun mesin juga sangatlah penting. Jadi pilihlah mesin yang sehat agar mampu menarik gerobak bermuatan berat sehingga mesin juga tidak sering mengalami kerusakan.

Gerobak dan mesin adalah dua bagian yang saling berhubungan dan saling bekerjasama. Jika anda tidak memahami tentang cara memilih dumptruck yang bagus, sebaiknya anda harus mengajak seorang ahli yang memahami dumptruck untuk anda ajak berkonsultasi tentang cara memilih dumptruck yang bagus. Orang tersebut biasanya juga bisa memperkirakan biaya yang harus anda keluarkan untuk memperbaiki dumptruck nantinya jika anda hendak membeli dumptruck bekas.

Tambahan


Dumptruck adalah sebuah kendaraan pengangkut barang material yang bisa membongkar muatannya sendiri dengan menggunakan tenaga hidrolis. Jadi dumptruck memiliki keunggulan berupa efisiensi biaya dan waktu dalam bekerja jika dibandingkan dengan kendaraan pengangkut barang lainnya yang tidak memiliki perangkat hidrolis yang digunakan untuk membongkar muatannya sendiri. Dumtruck 50% lebih hemat waktu daripada kendaraan pengangkut barang selain dumptruck. Selain itu dumptruck juga lebih hemat biaya karena tidak menggunakan jasa tenaga manusia untuk membongkar muatannya sendiri.