Target Perusahaan Tata Motors di Sumatera Selatan

Perusahaan produsen kendaraan roda empat asal India, Tata Motors menarget penjualan 400 unit kendaraan komersial di Sumatera Selatan pada tahun 2018.

Presdir PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) Biswadev Sangupta di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, mengatakan, perusahaan tertarik mengembangkan bisnis di provinsi tersebut, sebab wilayah ini sudah menjadi salah satu wilayah strategis di Sumatera.

"Dengan dibukanya jaringan dealer di Palembang kami bercita-cita dapat pun membuka jaringan ke wilayah lain laksana di Jambi, Lampung dan Bengkulu," kata Biswadev dalam acara peresmian dealer yang resmi di Palembang.



Ia menuliskan Sumsel adalahpasar potensial ketika ini sebab terjadi pembangunan yang berkesinambungan seiring dengan peran Kota Palembang sebagai tuan lokasi tinggal Asian Games 2018.

Di samping itu, pick up diesel 4x4 pergerakan ekonomi wilayah yang ditopang oleh sektor pertambangan pun menjadi salah satu dalil karena Tata Motors Indonesia konsentrasi pada penjualan kendaraan komersial laksana jenis pick up dan truk atau ruang belajar medium commercial vehicle.

Secara nasional, kata dia, pihaknya sudah memasarkan lebih dari 5.000 kendaraan komersil yang dipakai untuk sekian banyak  sektor usaha.

Adapun di Palembang sektor usaha yang prospektif untuk memakai kendaraan Tata Motors pick up diesel 4x4 salah satunya angkutan batubara. Hanya saja, walau berpotensi, perusahaan masih dihadapkan pada sebanyak tantangan laksana belum meluasnya jaringan dan brand awareness (pengenalan merek)

"Tapi kami paling percaya bahwa nantinya kami bakal jadi yang terdepan, sebab produk yang kami ciptakan ini paling unggul. Selalu diuji langsung dengan lokasi yang bakal memakainya, seperti guna angkutan batu bara," kata dia.

Sementara tersebut , Direktur Utama Andamas Motor Andi Asmara selaku dealer utama TMDI di Palembang, menuliskan saat ini ada sekitar 100 kendaraan Tata Motors yang beredar di Sumsel yang menandakan bahwa produk ini diterima masyarakat.

"Kami yakin target penjualan 400 unit dapat tercapai sampai akhir tahun ini sebab animo pasar lumayan tinggi," kata dia. Bahkan perusahaannya berencana dalam masa-masa dekat melakukan perluasan jaringan dealer di Bengkulu dan Bangka Belitung.

Deputi General Manager Business Development TMDI Ari Suryanda Isaputra, menuliskan perusahaannya optimis produk kendaraan niaga Tata Motors pick up diesel 4x4 ini bisa memenangkan persaingan sebab strategi dari TMDI yang tidak menyasar pasar kendaraan penumpang.

"Kendaraan kami irit bahan bakar sebab sebagian besar diesel, ongkos perawatan murah, harga suku cadang terjangkau. Selain tersebut ada layanan jaminan dan garansi ketersediaam suku cadang. Selain tersebut sejauh ini kami sangat konsentrasi pada segmen kendaraan komersial," kata dia.