Langkah Efektif Investasi Reksadana


Cara Investasi Reksadana - Reksadana yaitu kumpulan dana yang dikelola untuk membeli saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya. Kemudahan reksadana terletak pada besaran investasi yang tak perlu sebesar saham, yang membutuhkan modal puluhan juta. Anda hanya perlu menyimpan sejumlah modal yang dipercayakan kepada profesional untuk membeli saham sehingga anda tak perlu pusing memikirkan saham atau obligasi apa yang sepatutnya dibeli, manajer investasi yang akan mengelola modal anda.

LANGKAH EFEKTIF  INVESTASI REKSADANA BAGI PEMULA


Investasi pada reksadana yaitu salah satu investasi strategis bagi masyarakat pemberi modal, termasuk bagi para pemberi modal kecil dan orang-orang yang tak memiliki banyak waktu dan pengetahuan yang mendalam mengenai literasi keuangan, terlebih untuk menghitung resiko atas suatu investasi. Tapi banyak orang tak mengenal Cara Investasi Reksadana.

Bagaimanakah Cara Investasi Reksadana? Beikut yaitu langkah-langkahnya

LANGKAH EFEKTIF INVESTASI REKSADANA BAGI PEMULA YANG MUDAH DAN MENGUNTUNGKAN


1. Tentukan Tujuan
Tujuan anda b erhubungan dengan bentang waktu investasi dan tipe reksadana yang pas untuk anda.

2.Kenali tipe-tipe reksadana
Ada berjenis-jenis-ragam-tipe tipe reksadana, mulai dari reksadana pasar uang, pendapatan tetap, terproteksi, campuran, saham, index, dollar, syariah, dan penyertaan terbatas.

3. Tentukan bentang waktu investasi
Untuk bentang waktu kurang dari setahun sebaiknya anda memilih reksadana pasar uang.Untuk investasi 1-3 tahun, anda bisa memilih reksadana pendapatan tetap Untuk bentang waktu 3-5 tahun, pakailah reksadana campuran. Terakhir, untuk apabila mengharapkan investasi bentang panjang lebih dari 5 tahun, pakailah reksa dana saham.

4. Langkah-langkah investasi reksa dana 
Tentukan mana yang seusau dengan kebutuhan anda. Jika mau uang lebih aman dengan hasil profit yang terbatas karenanya pilih reksa dana pasar uang, melainkan apabila mau profit lebih dan sanggup akan resikonya, anda bisa memilih reksadana campuran.
Langkah kedua yaitu memilih produk reksadana yang seusai dengan opsi tipe reksa dana anda. Lihat rekam jejak keuntungannya selama 3 tahun terakhir. Pastikan keuntungannya tetap.

5.Pastikan reksadana memiliki izin 

6. Baca Prospektus Reksadana
Prospektus bisa dikatakan sebagai buku manual untuk berinvestasi di reksadana. Segala tipe berita yang Anda butuhkan tentang reksadana ada di sini, mulai dari perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, tarif-tarif investasi, sampai tata cara pembelian dan penjualan reksadana.


Demikian tentang Metode Investasi Reksadana, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kekeliruan.