Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar



Tugas untuk menyebabkan makalah kerap diajukan guru atau dosen. Meskipun tersedia banyak referensi makalah di internet, namun anda tidak mampu sembarangan disaat menyebabkan makalah tersebut. Bagian pembuka atau pengantar, isi, dan analisis makalah kudu urut. Lalu, bagaimana menyebabkan makalah yang baik dan benar? Berikut ini kami berikan beberapa contoh kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar Berbagai Makalah


pixabay.comMakalah didefinisikan sebagai karya yang ditulis. Karya berikut bersifat ilmiah dan memuat pembahasan perihal topik tertentu. Pembuatan makalah didasarkan terhadap aturan, teori, maupun penelitian di lapangan. Pembuatan makalah yang baik dan benar bakal memudahkan pembaca jelas isi yang dimaksud. Berikut ini bakal Mamikos contohkan kata pengantar yang terkandung terhadap beraneka makalah secara singkat dan lengkap.

Apa yang dimaksud kata pengantar?. Pada sebuah makalah, kata pengantar duduki halaman paling depan. Komponen kata pengantar memadai banyak, seperti ucapan terima kasih dan syukur gara-gara tugas makalah mampu diselesaikan. Terkadang penulis juga mencantumkan kata-kata mengenai perihal yang sudah ditunaikan dan pihak yang menopang menyusun makalah.

Kata pengantar terhadap sebuah makalah sedikit banyak mampu mengimbuhkan uraian mengenai perihal yang bakal dibahas. Kata pengantar yang baik tentu saja tidak bakal bertele-tele dan mengfungsikan bhs efektif dan juga efektif. Kamu mampu ikuti format pembuatan kata pengantar yang sudah diakui. Jika tidak ada, senantiasa buatlah kata pengantar mengfungsikan bhs formal. Buatlah kata pengantar semenarik barangkali agar pembaca tertarik membaca dan selesaikan makalah buatanmu.

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa gara-gara sudah mengimbuhkan peluang terhadap penulis untuk selesaikan makalah ini. Atas rahmat dan hidayah-Nya lah penulis mampu selesaikan makalah g berjudul [judul makalah] tepat waktu.
Makalah [judul makalah] disusun fungsi mencukupi tugas [dosen/guru] terhadap [bidang studi/mata kuliah] di [sekolah/nama kampus]. Selain itu, penulis juga meminta agar makalah ini mampu menambah wawasan bagi pembaca perihal [topik makalah].

Penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada [Bapak/Ibu] selaku [guru mata pelajaran/dosen mata kuliah]. Tugas yang sudah diberikan ini mampu menambah pengetahuan dan wawasan mengenai bidang yang ditekuni penulis. Penulis juga mengucapkan terima kasih terhadap semua pihak yang sudah menopang proses penyusunan makalah ini.

Penulis jelas makalah ini tetap jauh berasal dari kata sempurna. Oleh gara-gara itu, kritik dan saran yang membangun bakal penulis terima demi kesempurnaan makalah ini.

[tempat, tanggal pembuatan makalah]

Nama Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Assalamualaikum wr.wb

Bismillahirrahmanirrahim

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam. Atas izin dan karunia-Nya, kita mampu selesaikan makalah tepat kala tanpa tidak cukup suatu apa pun. Tak lupa pula penulis haturkan shalawat dan juga salam kepada junjungan Rasulullah Muhammad SAW. Semoga syafaatnya mengalir terhadap kita di hari akhir kelak.

Penulisan makalah berjudul ‘Analisis Hukum Tajwid terhadap Surat At Tariq’ bertujuan untuk mencukupi tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam. Pada makalah diuraikan surat At Tariq beserta terjemah dan maknanya. Selain itu, diulas hukun bacaan terhadap surat tersebut.

Selama proses penyusunan makalah, penulis mendapatkan pemberian dan bimbingan berasal dari beberapa pihak. Oleh gara-gara itu, penulis berterima kasih kepada:

1. Ibu Dra. Sri Yani Mujahadah selaku dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam
2. Ustad Afuan Mafu selaku supervisor
3. Kedua orang tua yang sudah mengimbuhkan dukungan
4. Pihak yang tidak mampu disebutkan penulis satu per satu

Akhirul kalam, penulis jelas bahwa makalah ini tetap jauh berasal dari sempurna. Besar harapan penulis agar pembaca berkenan mengimbuhkan umpan balik bersifat kritik dan saran. Semoga makalah ini mampu mengimbuhkan manfaat bagi beraneka pihak. Aamiin.

Wassalamualaikum wr.wb

Malang, 4 April Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Pkn

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT senantiasa kita ucapkan. Atas karunia-Nya bersifat nikmat iman dan kesegaran ini selanjutnya penulis mampu selesaikan makalah bertema Pancasila. Tidak lupa shawalat dan juga salam tercurahkan bagi Baginda Agung Rasulullah SAW yang syafaatnya bakal kita nantikan kelak.

Makalah berjudul “Analisis Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat bersama dengan Studi Kasus Kampung Amarata” merupakan sedikit semisal implementasi nilai-nilai Pancasila di kurang lebih kita. Isi makalah ini mengkaji nilai konkret Pancasila yang dimengerti masyarakat Kampung Amarata. Sejak tahun 1970-an, kampung yang dimpimpin Tokoh Bapak Haji sudah menerapkan inti Pancasila secara tersirat. Pembahasan mengenai beraneka kegiatan dan norma yang diterapkan bakal diuraikan lebih lanjut.

Adapun penulisan makalah bertema Pancasila ini dibikin untuk memenuhitugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Penulis tidak hanya mengkaji konteks Pancasila berasal dari segi Kampung Amarata saja, namun juga pengembangan teori-teori terkait.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang sudah menopang dan juga menopang penyelesaian makalah. Harapannya, semoga makalah ini mampu mengimbuhkan manfaat bagi pembaca sekaligus menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Dengan kerendahan hati, penulis memohon maaf jikalau tersedia ketidaksesuaian kata-kata dan kesalahan. Meskipun demikian, penulis terbuka terhadap kritik dan saran berasal dari pembaca demi kesempurnaan makalah.

Wassalamualaikum wr.wb

Kebumen, 1 April Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Sejarah

Puji-puji dan syukur kita panjatkan terhadap Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kita memuji dan hanya kepada-Nya lah kita memohon pertolongan. Tidak lupa shalawat dan juga salam kita haturkan terhadap junjungan nabi agung kita, Nabi Muhammad SAW. Risalah beliau lah yang bermanfaat bagi kita semua sebagai saran menekuni kehidupan.

Dengan pertolongan-Nya, kita mampu selesaikan makalah berjudul “Implementasi Ajaran Islam Masa Kerajaan Demak di Kampung Jamboran”. Pada isi makalah bakal diuraikan ajaran Islam yang berkembang terhadap zaman Kerajaan Demak. Ajaran berikut tidak luntur begitu saja, namun diadaptasi oleh masyarakat sekitar, juga masyarakat Kampung Jamboran. Akan diuraikan pula ajaran Islam berasal dari Kerajaan Demak yang tidak lestari maupun tetap dipertahankan.

Makalah “Implementasi Ajaran Islam Masa Kerajaan Demak di Kampung Jamboran” disusun fungsi mencukupi tugas Mata Kuliah Sejarah. Kami menantikan kritik dan saran yang membangun berasal dari setiap pembaca agar perbaikan mampu dilakukan. Semoga makalah ini mampu bermanfaat bagi para pembaca.

Purworejo, 17 Maret Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Biologi

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa senantiasa kita ucapkan. Atas rahmat dan karunia-Nya yang bersifat iman dan kesegaran selanjutnya kita mampu selesaikan makalah ini. Shawalat dan juga salam tercurah terhadap Rasulullah SAW. Semoga syafaatnya mengalir terhadap kita kelak.

Makalah bersama dengan judul “Efektivitas Pemberian Pupuk N5 terhadap Tumbuhan Jagung di Perkebunan Umarata Jawa Tengah” dibikin untuk melengkapi tugas mata kuliah biologi. Pada isi makalah disampaikan karakteristik pupuk N5 yang baru dikembangkan peneliti. Selain itu, dibahas pula efek pemberian pupuk N5 secara berkala terhadap pertumbuhan tanaman. Penulis membandingkan pupuk N5 dan pupuk yang sudah digunakan di Perkebunan Umatara.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak yang sudah menopang dan juga menopang penyelesaian makalah biologi. Besar harapan penulis agar a makalah ini mampu menjadi rujukan peneliti selanjutnya. Penulis juga meminta agar isi makalah ini mampu bermanfaat bagi pembaca.

Dengan kerendahan hati, penulis memohon maaf jikalau tersedia kesalahan penulisan. Kritik yang terbuka dan membangun terlalu penulis nantikan demi kesempurnaan makalah. Demikian kata pengantar ini penulis sampaikan. Terima kasih atas semua pihak yang menopang penyusunan dan membaca makalah ini.

Wassalamualaikum wr.wb

Tegal, 1 April Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT senantiasa kita ucapkan. Tidak lupa shawalat dan juga salam tercurahkan bagi Baginda Agung Rasulullah SAW yang sudah membimbing kita menuju jalur yang lurus.

Penyusunan makalah berjudul “Analisis Majas dalam Novel ‘Hujan’ Karangan Tere Liye” mengkaji fenomena majas yang banyak digunakan di dalam sebuah buku bacaan. Isi makalah ini sekaligus mengklasifikasikan style majas untuk memudahkan pemahaman. Tere Liye sebagai keliru satu penulis novel fiksi digemari anak-anak hingga orang dewasa.

Adapun penulisan makalah bertema majas ini dibikin untuk mencukupi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia. Penulis tidak hanya mengkaji majas dan jenisnya di novel “Hujan”, namun juga pengembangan majas tersebut.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dosen Bahasa Indonesia, Bapak Herumon yang sudah membimbing penyelesaian makalah. Kami juga berterima kasih kepada para pihak yang menopang penulisan makalah. Penulis meminta agar makalah ini mampu mengimbuhkan sudut pandang baru bagi pembaca.

Dengan kerendahan hati, penulis memohon maaf jikalau tersedia kesalahan dalam proses pembuatan makalah. Penulis meminta terbuka terhadap kritik dan saran sebagai bagian berasal dari revisi makalah bhs Indonesia ini.

Wassalamualaikum wr.wb

Yogyakarta, 1 April Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Kelompok

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan karunia-Nya, kita mampu selesaikan tugas penulisan makalah mata kuliah bhs Indonesia tepat waktu. Tidak lupa shalawat dan juga salam tercurah kepada Rasulullah SAW yang syafa’atnya kita nantikan kelak.

Penulisan makalah berjudul “Analisis Plot dalam Novel Aroma Karsa Karya Dee Lestari” mampu diselesaikan gara-gara pemberian banyak pihak. Kami meminta makalah perihal analisis plot terhadap novel mampu menjadi referensi bagi pihak yang tertarik terhadap karya Dee Lestari. Selain itu, kita juga meminta agar pembaca mendapatkan sudut pandang baru setelah membaca makalah ini.

Penulis jelas makalah bertema bhs ini tetap membutuhkan penyempurnaan, terutama terhadap bagian isi. Kami terima segala bentuk kritik dan saran pembaca demi penyempurnaan makalah. Apabila terkandung banyak kesalahan terhadap makalah ini, kita memohon maaf.

Demikian yang mampu kita sampaikan. Akhir kata, semoga makalah bhs Indonesia ini mampu bermanfaat.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Magelang, 2 April Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Individu

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang sudah mengimbuhkan penulis kemudahan dalam selesaikan makalah tepat waktu. Tanpa rahmat dan pertolongan-Nya, penulis tidak bakal mampu selesaikan makalah ini bersama dengan baik. Tidak lupa shalawat dan juga salam tercurahkan kepada Nabi agung Muhammad SAW yang syafa’atnya kita nantikan kelak.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, agar makalah “Pencegahan Covid-19 bersama dengan Metode Social Distancing” mampu diselesaikan. Makalah ini disusun fungsi mencukupi tugas mata kuliah Virologi. Penulis meminta makalah perihal pencegahan virus corona mampu menjadi referensi bagi masyarakat agar senantiasa berhati-hati di tengah situasi tidak kondusif.

Penulis jelas makalah bertema virus ini tetap kudu banyak penyempurnaan gara-gara kesalahan dan kekurangan. Penulis terbuka terhadap kritik dan saran pembaca agar makalah ini mampu lebih baik. Apabila terkandung banyak kesalahan terhadap makalah ini, baik mengenai penulisan maupun konten, penulis memohon maaf.

Demikian yang mampu penulis sampaikan. Akhir kata, semoga makalah ini mampu bermanfaat.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yogyakarta, 4 April Penulis

Masalah dalam Membuat Kata Pengantar Makalah

Sekilas menyebabkan kata pengantar untuk penulisan makalah terdengar mudah. Namun, kalau tidak cermat dan asal-asalan, makalahmu mampu menjadi tidak cukup berkualitas. Apa saja persoalan yang umumnya dihadapi disaat menulis kata pengantar terhadap makalah?

1. Pemilihan kata yang tidak cukup tepat. Makalah mengfungsikan bhs resmi yang tidak selayaknya dicampur bersama dengan bhs lisan.
2. Terlalu bertele-tele dan tidak to the point.
3. Tidak menjelaskan judul makalah atau mencantumkan perihal yang bakal dibahas terhadap makalah.
4. Tidak mencantumkan tanggal pembuatan makalah dan tempat penulisan makalah.
5. Tidak meminta saran dan masukan terhadap makalah yang sudah dibuat.

Sudah jelas langkah pembuatan kata pengantar untuk makalah bersama dengan benar?. Jangan lupa untuk mengatur kata pengantar bersama dengan tema makalah yang anda angkat. Gunakan bhs Indonesia yang baik dan benar dan juga penentuan kata secara tepat. Jika kata pengantar sudah dibuat, lanjutkan proses pembuatan makalah terhadap bagian isi dan penutup.

Klik dan dapatkan keterangan kost di dekat universitas idamanmu: