Berita Otomotif Terbaru Terbaru Di Kelasnya

Berita Otomotif Terbaru

Sebenarnya, membuat majalah dengan Microsoft Word bisa dikatakan tidak bisa. MS Word adalah aplikasi pengolah kata (word processor), bukan sebagai aplikasi distributing, desain grafis, atau aplikasi lain yang memang mendukung untuk setting format. Namun bukan berarti kita tidak bisa mengakali agar dokumen kita bisa terlihat seperti sebuah majalah atau koran Berita Otomotif Terbaru. Di sini saya mencoba menjelaskan langkah-langkah untuk membuat tampilan Majalah dengan memanfaatkan fitur-fitur di dalam MS Word. Saya berharap agar Tutorial ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin membuat tampilan dokumennya menjadi seperti majalah. Tentunya jika dibandingkan dengan aplikasi desain grafis seperti CorelDraw atau Photoshop, tampilan majalah versi MS Word ini mungkin tidak ada apa-apanya. Untuk teman-teman yang berada di redaksi majalah dinding sekolah dan belum bisa mengoptimalkan/menggunakan aplikasi desain grafis, saya rasa instructional exercise ini sangat pas untuk diterapkan. Saya pernah menjadi proofreader untuk mading sekolah, ikut perlombaan dan cukup menggunakan MS Word sudah bisa nangkring di platform juga kok (bukan sebagai juara 1 loh). Cukup mengandalkan Kreativitas dan kemampuan mengoptimalkan apparatuses di MS Word, serta (pastinya.red) doa. Berikut langkah-langkah untuk membuat majalah di MS Word. 

Berita Otomotif Terbaru Terkini

Langkah pertama adalah dengan membuat dokumen. Di sini saya akan membuat profil tentang Tyas Mirasih, profilnya saya ambil di wikipedia. Silahkan Anda membuat artikel apa saja Berita Otomotif Terbaru. Mulailah mengetik beberapa paragraf sebagai isi atau konten dari majalah yang akan kita buat. Jangan lupa untuk mengatur style paragraf (arrangement), ukuran dan jenis text style, dan juga mengganti warna textual style dengan warna yang sesuai dengan keinginan kita. Langkah berikutnya, kita akan mengedit konten dengan memberikan sedikit sentuhan dan tambahan objek pada teks. Alangkah lebih baiknya jika Anda membaca artikel saya tentang cara membuat Drop Cap. Sebuah majalah pasti akan menampilkan visualisasi atau gambar di sela-sela artikel. Gambar ini sebagai pembantu atau ilustrasi dari isi konten yang kita buat. Pastikan gambar yang akan kita masukkan memiliki hubungan dengan isi artikel. Karena saya membuat artikel tentang Tyas Mirasih, sudah pasti foto yang saya masukkan adalah foto Tyas, bukan foto pacar saya. Jangan sampai Anda membuat artikel resep makanan tapi gambar di dalamnya adalah foto Cristiano Ronaldo, sangat tidak lucu kan... ?! Untuk memasukkan gambar ke dalam dokumen MS Word, klik Tab Menu Insert pada bagian Illustrations, pilih Picture. Lihat gambar berikut. 

Berita Otomotif Terbaru Masa Kini

Setelah gambar masuk, kita akan diberikan beberapa opsi untuk mengatur gambar tersebut. Klik kanan pada gambar, setelah drop menu muncul cari menu Wrap Text Tight. Dengan menggunakan opsi Tight, teks yang berada di sekitar region gambar akan mengikuti lekuk/bentuk gambar sehingga teks tidak akan menimpa/menutupi gambar tersebut. Masih dalam fokus untuk mengatur tampilan gambar Berita Otomotif Terbaru. Klik gambar tadi, lalu perhatikan perubahan pada Ribbon Menu. Di sana akan muncul Picture Tolls serta berbagai pilihan formatnya. Pada Tab Picture Style, silahkan memilih varian bentuk gambar yang diberikan. Untuk melihat secara lengkap klik tanda panah kecil yang berada di kanan bawah menu Picture Style. Di sini saya memilih style Rotated White. Dan gambar terlihat semakin mirip dengan tampilan majalah. Klik menu Tab Insert lalu pilih menu Word Art. Pilih style yang diinginkan, di sini saya memilih Gradient Blue. Lalu ketikkan Teks sebagai judul dari Artikel Majalah kita. Setelah selesai, jangan tekan Enter tapi klik pada garis-garis pembatas ketika kursor sudah berubah bentuk menjadi ikon move untuk mengatur letak dan ukuran dari Word Art tadi. Untuk completing saya kembalikan kepada kreativitas pembaca sendiri, mungkin para pembaca ingin memberikan lebih banyak sentuhan dengan menambahkan kolom koran, mengubah warna, memberikan teks efek atau memasukkan objek lain. Setelah itu silahkan lihat hasilnya, dokumen yang Anda buat terlihat seperti majalah hanya dengan menggunakan MS Word.