Contoh Flowchart



Flowchart sanggup mendukung Anda jalankan analisis dan mengetahui rangkaian atau proses kerja bersama baik. Terdapat sebagian style flowchart yang tidak serupa yang tentunya berdampak terhadap kegunaan dan manfaatnya. Jika sebelumnya, flowchart biasa dibikin di papan, sementara ini flowchart sanggup dibikin di program memicu flowchart. Contoh flowchart program yang terkenal diantaranya Creatley, ConceptDraw, dan Lucidheart.

Apa Itu Flowchart

contoh flowchart programSebuah flowchart adalah ilustrasi visual yang melukiskan rangkaian kerja atau proses dan juga solusi berasal dari sebuah kajian atau permasalahan. Flowchart adalah keliru satu alat bisnis yang menyatakan proses linear berasal dari sebuah pekerjaan. Flowchart kerap digunakan untuk mengatakan konsekuensi logis, proses proyek, dan rangkaian otoritas dalam sebuah organisasi. Selain itu, flowchart termasuk digunakan untuk mengatakan rangkaian kerja kepada publik.


Jenis Flowchart

Dikutip berasal dari Yonyx, terkandung 6 style flowchart. Berikut adalah penjelasan berasal dari ke-6 style flowchart tersebut.

1. Document Flowcharts

Document flowcharts menyatakan aliran dokumen kertas dan dokumen elektronik di antara begitu banyak ragam unit sebuah bisnis. Flowchart ini merupakan alat yang cukup jitu untuk mendukung seorang analis mengetahui dokumen dan begitu banyak ragam proses kerja di dalam sebuah organisasi.

2. Data Flowcharts

Data Flow DiagramDisebut termasuk Data Flow Diagram (DFD), data flowcharts menyatakan rangkaian data di dalam sebuah proses informasi. DFD melukiskan proses, penyimpanan data, rangkaian data, dan entitas eksternal. Data flowcharts beri tambahan uraian lazim tanpa kudu beri tambahan uraian visual yang terlalu mendetail.

3. System Flowcharts

System Flowcharts melukiskan bagaimana rangkaian data dalam sebuah proses dan eksekusi ketentuan untuk menyesuaikan sebuah acara. Flowcharts ini memanfaatkan lambang yang saling terkoneksi untuk melukiskan apa yang berjalan terhadap begitu banyak ragam titik di dalam proses data.

4. Program Flowcharts

Program flowcharts digunakan untuk melukiskan kerja internal berasal dari proses modern yang udah terkomputerisasi. Terdapat 4 style lambang flowchart program. Ke-4 lambang selanjutnya adalah awal, proses, keputusan, dan akhir. Flowchart ini dapat mendukung pengembang menemukan error di dalam kode komputer.

5. Process Flow Diagrams

Process Flow melukiskan relasi mutlak pada komponen utama dalam sebuah plant industri. Diagram ini biasanya digunakan oleh insinyur kimia dan industri untuk meningkatkan proses atau memicu proses baru.

6. Business Process Model plus Notation (BPMN)

BMPN adalah metode yang melukiskan langkah dalam sebuah proses bisnis yang terencana. Seluruh proses, berasal dari tahap-tahap aktivitas bisnis hingga rangkaian sebaran informasi ditampilkan. BPMN lebih bertujuan untuk pemilik perusahaan dan pemegang saham yang menginginkan mengetahui sebuah proses/aktivitas bisnis lebih dalam.


Cara memicu flowchart program yang cukup gampang dan sanggup dilaksanakan sendiri adalah melalui aplikasi flowchart. Anda sanggup memicu begitu banyak ragam program berasal dari program kasir hingga program organisasi sekalipun. Semua umpama flowchart program dapat disebutkan, berasal dari yang fleksibel hingga yang paling rumit. Dikutip berasal dari Techradar, selanjutnya adalah 10 software flowchart paling baik di th. 2019.

1. Cacoo

Cacoo Flowchart ProgramDikritik dikarenakan dikarenakan miliki jumlah template yang terbatas, Cacoo kelihatan dominan dalam segi konektivitas cloud. Cacoo sanggup dikategorikan sebagai tool online yang terintegrasi bersama begitu banyak ragam cloud services, diantaranya Confluence dan Dropbox. Karena konektivitasnya selanjutnya Anda dan rekan sanggup bekerja mirip memicu flowchart bersama memanfaatkan jaringan internet tanpa kudu bertatap muka secara langsung.

2. ConceptDraw Diagram

ConceptDraw DiagramConceptDraw Diagram adalah umpama flowchart program yang fleksibel. Anda sanggup mendesain elemen stensil berasal dari nol dan “memaksakannya’ ke dalam desain. Dalam hal kelengkapan alat dan fitur pun ConceptDraw terlalu boleh dipuji. Aplikasi ini menyediakan software platforms yang sanggup memicu diagram, mind-mapping, dan manajemen proyek. Kekurangan utama berasal dari ConceptDraw adalah harganya yang cukup mahal.

3. Creately

Creately Flowchart DiagramSelain memicu flowchart, Anda termasuk sanggup memicu begitu banyak ragam diagram, infografis, dan lebih-lebih peta di Creately. Creately ada secara online dan dalam wujud aplikasi desktop maupun mobile. Ada termasuk versi cloud bersama fitur yang terbatas. Dari sisi harga, Creately adalah aplikasi flowchart yang murah bersama harga yang terjangkau. Creately adalah keliru satu umpama flowchart program simple bersama jumlah template yang tidak sedikit.

4. Draw.io

Draw.ioDraw.io menyatakan jikalau program gratis sanggup lebih baik berasal dari program premium di sebagian aspek. Melalui Draw.io, Anda sanggup memicu begitu banyak ragam style schematics, berasal dari yang simple hingga yang kompleks, diagram, infrastruktur jaringan, dan mind maps. Kelebihan utama berasal dari Draw.io adalah hanya ada secara online bersama opsi menaruh pekerjaan ke Google Drive atau Microsoft OneDrive.

5. Edge Diagrammer

Edge DiagrammerDari sisi kemudahan penggunaan, Edge Diagrammer merupakan keliru satu aplikasi flowchart yang gampang digunakan. Melalui Edge, Anda sanggup bersama gampang memicu diagram blok, flowchart, diagram data flow, dan family tree. Tersedia termasuk ekstensi gratis yang memuat begitu banyak ragam fitur tambahan. Sayangnya, Edge hanya sanggup dioperasikan di Windows dan tidak mendapat pertolongan kemampuan groupware.

6. Edraw Max

Edraw MaxEdraw Max adalah adalah aplikasi cross-platform bersama jumlah diagram yang masif. Edraw sanggup dioperasikan di Windows, Max, dan Linux. Edraw adalah aplikasi flowchart bersama kemampuan tinggi dan fitur yang lengkap. Terdapat 280 style diagram yang tidak serupa untuk Anda manfaatkan. Pengguna software flowchart yang simple dan spesifik sebaiknya tidak memanfaatkan Edraw dikarenakan pertimbangan harga dan efektivitas fitur.

7. Gliffy

GliffySatu hal yang tentu berasal dari aplikasi ini, fitur yang ada mengetahui dan sanggup langsung Anda manfaatkan. Bagi Anda yang tidak membutuhkan fitur tidak berfungsi dan hanya menginginkan memicu style chart saja, maka Gliffy terlalu untuk Anda. Gliffy termasuk gampang untuk digunakan. Gliffy sanggup dibuka secara online bersama opsi offline yang sanggup dibuka melalui versi Chrome. Kekurangan Gliffy ada terhadap variasi kustomisasi yang terbatas.

8. Lucidchart

LucidchartLucidhart adalah aplikasi chart yang terkenal bersama lebih berasal dari 15 juta pengguna. Populer bukan bermakna yang terbaik. Lantas apa yang memicu aplikasi ini banyak digunakan? Jawabannya adalah sanggup digunakan di proses operasi manapun, terintegrasi bersama begitu banyak ragam jasa, diantaranya JIRA, JIVE, Confluence, dan Google Cloud dan juga harganya murah. Perusahaan besar, diantaranya Amazon, Cisco, dan Adobe adalah pengguna Lucidhart.

9. Microsoft Visio

Microsoft VisioMicrosoft Visio adalah aplikasi pionir dan ikonik yang identik bersama pembuatan chart dan diagram. Visio sebetulnya diakui sebagai aplikasi yang sanggup memicu kedua hal selanjutnya bersama mudah, cepat, dan efektif. Visio terintegrasi bersama Office 365 dan merupakan aplikasi yang diakui sebagai standar aplikasi chart. Integrasi bersama Office 365 adalah kekuatan tarik utama yang sayangnya kudu ditebus bersama harga yang mahal.

10. SmartDraw

SmartDrawSmartDraw adalah aplikasi chart yang terkenal di kalangan pengusaha dan perusahaan besar. SmartDraw mendukung 70 style chart dan sanggup bekerja bersama Confluence, JIRA, Trello, dan Google’s Gsuite. Kelebihan utama aplikasi yang mahal ini adalah template-nya yang mengesankan, baik jumlah maupun kualitas. SmartDraw sesuai untuk operasi besar yang memproduksi chart simple dalam jumlah yang banyak.