Contoh Penutup Makalah

Contoh Penutup Makalah



Contoh penutup makalah – Sebagai seorang pelajar, pastinya kita udah kerap mendapatkan tugas menyebabkan makalah dari guru terutama guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Dalam pembuatan makalah, terdapat kaidah-kaidah atau ketetapan khusus supaya makalah yang dihasilkan cocok bersama dengan ketentuan.

Makalah terdiri dari bagian-bagian mutlak yang disusun secara runut dan sistematis yang terdiri dari pendahuluan, pembahasan dan penutup makalah.

Untuk mempermudah Anda didalam menyusun penutup makalah, tersebut dapat disediakan beberapa contoh penutup makalah cocok bersama dengan jenis makalah yang dapat disusun, semoga sanggup Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Contoh Penutup Makalah Ekonomi (IPS)

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Saat ini berjalan penurunan perekonomian yang sanggup diamati dari penurunan energi beli masyarakat. Berdasarkan pembelian dan pengamatan yang dilakukan pada delapan pedagang, harga keperluan pokok yang mereka menawarkan sebenarnya hampir sama.

Namun kenaikan pendapatan yang lebih rendah dibandingkan tingkat harga menyebabkan energi beli penduduk menurun.

Hal ini tak hanya berpengaruh pada tingkat energi beli penduduk juga berimbas pada penurunan laba yang diperoleh pedagang. Penurunan laba disebabkan sebab pedagang perlu turunkan harga menjual supaya energi beli penduduk meningkat.

Saran

Penurunan harga udah dilakukan pedagang guna meningkatkan energi beli penduduk ternyata belum berhasil. Dalam perihal ini, peran aktif pemerintah amat diperlukan guna meningkatkan energi beli penduduk supaya harga pasar sanggup stabil.

Pemerintah sanggup membuka lapangan kerja di seluruh wilayah baik di perkotaan maupun pedesaan supaya sanggup berjalan pemerataan pendapatan serta kurangi angka pengangguran.


Contoh Penutup Makalah IPA

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Berdasarkan fakta dan data yang yang udah diuraikan sebelumnya, kesimpulan yang sanggup penulis ambil yakni perlu dilakukan pencegahan tentang bahaya pemanfaatan bahan pengawet pada jajanan anak sekolah untuk kesehatan.

Pencegahan yang sanggup dilakukan pada lain melarang anak-anak jajan sembarangan dan sedia kan jajanan yang sehat di kantin sekolah. Diperlukan peran aktif guru dan orang tua didalam perihal ini.

Saran

Penggunaan bahan pengawet didalam jajanan anak sekolah sebenarnya amat berbahaya bagi kesegaran anak didik. Untuk itu, perlu ada peran orang tua untuk selalu mengingatkan dan menghindar anak jajan sembarangan.

Peran guru didalam mengawasi anak-anak juga amat diperlukan. Pembuatan kantin sekolah yang sedia kan jajanan sehat dapat amat menopang didalam mewujudkan kesegaran anak didik.


Contoh Penutup Makalah Pendidikan

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Pendidikan memegang peran mutlak didalam membentuk manusia yang lebih baik ke depannya serta bermanfaat bagi pertumbuhan serta kemajuan manusia.

Mengingat, betapa besarnya peran pendidikan maka sistem pembelajaran perlu dibenahi supaya sanggup mengubah perilaku seseorang jadi lebih baik. Terdapat banyak segi yang terlibat didalam sistem pembelajaran didalam dunia pendidikan.

Faktor-faktor tersebut pada lain: fasilitas yang disediakan, rencana, program dan tujuan, kurikulum, guru, siswa dan lain sebagainya. Untuk mewujudkan tercapainya obyek pembelajaran, komitmen didalam pembelajaran perlu dilakukan bersama dengan baik.

Dalam sistem pembelajaran pun tentu dapat timbul beraneka masalah tetapi seutuhnya tentu sanggup diatasi andaikata seluruh pihak saling bekerja serupa bersama dengan baik.

3.2 Saran

Melalui penulisan makalah ini, petunjuk yang sanggup penulis memberikan untuk pertumbuhan ke depannya pada lain:

1. Sekolah sebaiknya menerapkan metode pembelajaran yang udah teruji

2. Pihak-pihak yang terlibat didalam sistem pembelajaran hendaknya saling bekerja serupa bersama dengan baik

3. Faktor-faktor yang terlibat didalam pembelajaran hendaknya dipersatukan supaya sistem pembelajaran sanggup berjalan bersama dengan baik

4. Pembenahan fasilitas dan prasarana sekolah dan memilah mana yang cocok maupun tidak cocok bersama dengan sistem pembelajaran

Contoh Penutup Makalah Bahasa Indonesia

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Sumber Daya Alam (SDA) merupakan segala sesuatu ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang sanggup dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat manusia. Terdapat dua jenis SDA yakni SDA yang tidak sanggup diperbaharui dan SDA yang sanggup diperbaharui.

SDA perlu kita jaga bersama dengan baik supaya selalu lestari supaya anak cucu kita masih sanggup memanfaatkannya di jaman yang dapat berkunjung terutama SDA yang tidak sanggup diperbaharui.

3.2 Saran

Berdasarkan data dan fakta yang udah dilakukan, maka petunjuk yang sanggup penulis sampaikan adalah kita sebagai manusia perlu bijak didalam mempergunakan Sumber Daya Alam.

Kita tidak boleh mengeksploitasinya secara berlebihan. Kelestarian Sumber Daya Alam dapat mengimbuhkan banyak manfaat bagi manusia didalam melangsungkan kehidupannya.


Pengertian Makalah

Makalah merupakan suatu karya tulis yang disusun berdasarkan kesimpulan teori dan kesimpulan lapangan yang mempunyai tujuan untuk membicarakan topik tertentu.

Makalah disusun bersama dengan pakai bhs baku dan data yang diberikan perlu berwujud empiris objektif yang berarti sanggup diterima secara umum. Bahasa yang digunakan juga perlu jelas, padat dan singkat supaya memudahkan para pembaca untuk memahami mengisi dari makalah.

Terdapat bagian-bagian mutlak yang menyusun makalah dan keliru satunya adalah bagian penutup makalah. Penutup Makalah merupakan bagian akhir didalam penyusunan makalah sebelum akan daftar isi.

Saat menyebabkan penutup makalah, kemungkinan beberapa dari kita dapat mengalami ada problem tersendiri. Lalu bagaimanakah langkah menyebabkan penutup makalah yang benar dan cocok bersama dengan ketentuan?

Untuk lebih jelasnya, mari kita liat pembahasan berkenaan beberapa umpama penutup makalah yang sanggup Anda jadikan sebagai referensi beserta unsur penutup makalah dan kaidah penutup makalah yang benar.

Unsur Penutup Makalah

Dalam pembuatan penutup makalah terdapat unsur-unsur yang perlu dipenuhi supaya makalah tersusun bersama dengan baik dan benar. Kerangka makalah yang berada paling akhir ini dibuat sebelum akan kita menyusun daftar pustaka.

Unsur-unsur penutup makalah terdiri atas 2 bagian yaitu:

1. Kesimpulan

Kesimpulan memuat rangkuman atau inti dari pembahasan topik yang penulis membuat didalam makalah. Tujuan dari pembuatan kesimpulan yakni supaya pembaca mendapatkan jawaban berkenaan persoalan yang diangkat didalam pembahasan masalah didalam makalah.

Selain itu, pembaca sanggup memahami mengisi mutlak dari pembuatan makalah tersebut.

2. Saran

Berisi usul atau pendapat yang hendak dikemukakan penulis yang terjalin bersama dengan topik pembahasan didalam makalah.

Saran sanggup dijadikan masukan pada persoalan yang berjalan supaya dapat berjalan perubahan yang lebih baik di jaman yang dapat datang.

Aturan Membuat Penutup Makalah yang Benar

Membuat penutup makalah yang baik dan benar perlu mencermati beberapa ketetapan atau kaidah pada lain:

· Menggunakan kalimat yang padat, ringkas dan jelas

Dalam menyebabkan penutup makalah tidak boleh pakai kalimat yang berbelit-belit atau bertele-tele. Kalimat yang digunakan perlu jelas, ringkas dan padat supaya dapat memudahkan pembaca didalam memahami mengisi makalah.

· Mengandung intisari atau rangkuman dari makalah yang dibuat

Untuk sanggup menyebabkan penutup yang benar, Anda perlu memahami inti dari makalah yang Anda buat. Dalam bagian penutup terdapat unsur kesimpulan di mana pada bagian ini memuat rangkuman dari seluruh pembahasan didalam makalah.

Tanpa memahami mengisi dari makalah, pastinya Anda dapat ada problem didalam menyusun penutup makalah.

· Saran yang ditulis perlu cocok bersama dengan pembahasan makalah

Saran memuat masukan atau pendapat penulis berkenaan persoalan yang diangkat didalam makalah supaya perlu berwujud membangun supaya sanggup dilakukan perbaikan pada jaman yang dapat datang.

Dalam menyebabkan saran, perlu Anda sesuaikan bersama dengan topik pembahasan. Jangan mengarah ke perihal lain yang tidak ada kaitannya bersama dengan mengisi makalah.


***


Uraian di atas merupakan umpama penutup makalah yang disertai bersama dengan pengertian, unsur-unsur, kaidah penulisan dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.