Materi Pramuka Siaga




Materi Pramuka Siaga - Pramuka adalah ekstra kurikuler harus yang senantiasa tersedia di sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah pertama (SMP) dan atas (SMA). Artikel ini bakal mengkaji materi pramuka siaga bagi Anda yang bingung mencari materi pramuka dasar.

Entah itu materi pramuka latihan yang tersedia di siaga, penggalang Penegak ataupun pandega. Tapi sebelum saat menginjak ulasan tentang materi basic pramuka, alangkah baiknya kalau Anda tahu khususnya dahulu perbedaan di pada 4 group tersebut.

Lalu apa ya perbedaan di pada keempat group itu sampai materi pramukanya juga turut dibedakan?

Perbedaan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega

Perbedaan pada keempat group ini ternyat hanya dibedakan terhadap tingkatan umur bagian pramuka. Adapun group atau group itu sendiri berdasarkan usia


1. Kelompok umur 7-10 th. disebut bersama dengan Pramuka Siaga.

2. Kelompok umur th. disebut bersama dengan Pramuka Penggalang.

3. Kelompok umur th. disebut bersama dengan Pramuka Penegak.

4. Kelompok umur th. disebut bersama dengan Pramuka Pandega.


Adapula group khusus, yaitu group yang ditujukan untuk orang yang mempunyai kedudukan dalam kepramukaan. Semisal untuk Pramuka Penegak, adalah sebutan sebutan untuk orang dewasa yang memimpin Pramuka.

Pramuka Andalan, adalah bagian pramuka di mana ia mengambil alih bagian dalam keanggotaan Kwartir di dalam bagian Pramuka. Sebagai perumpamaan ialah menjadi pelatih, pramong saka, staff kwartir dan majelis pembimbing.


Tingkatan dalam Pramuka

Tingkatan dalam kepramukaan adalah sebuah tingkatan yang ditentukan bagi kecakapan yang dimiliki bagian pramuka. Kecakapan atau kebolehan itu disebut bersama dengan Syarat-syarat Kecakapan Umum atau SKU.

Untuk pramuka siaga siaga dan penggalang, tiap-tiap group umur mempunyai tiga tingkata. Untuk penegak, mempunyai dua tingkatan. Sementara pramuka Pandega hanya mempunyai satu tingkatan.

1. Tingkatan Pramuka Siaga : Siaga Mula, Bantu dan Tata

2. Tingkatan Pramuka Penggalang : Penggalang Ramu, Rakit dan Terap.

3. Tingkatan Pramuka Penegak : Penegak Bantara dan Laksana.


Materi Pramuka untuk Siaga

Setiap group pramuka, mempunyai tiap-tiap kode kehormatan yang menjadi materi pramuka harus bagi pramuka siaga. Adapun materi itu adalah berwujud kode kehormatan yang meliputi :

1. Dwisatya (Janji dan Komitmen diri)

2. Dwidarma (Ketentuan Moral)


Bunyi kode kehormatannya adalah :

Dwisatya

Demi kehormatanku aku berjanji bakal bersungguh-sungguh :


1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan YME, Negara Kesatuan Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan menurut keputusan keluarga.

2. Setiap hari berbuat keyakinan.


Dwidarma

1. Siaga berbakti terhadap bapak dan ibundanya.

2. Siaga berani dan tidak putus asa.


Sementara materi latihan Pramuka Siaga adalah sekumpulan standar kompetensi yang harus dipenuhi oleh tiap tiap bagian pramuka siaga. Materi-materi itu disiapkan dalam dalam latihan pramuka yang diolah bersama dengan sebuah permainan.

Materi yang dikemas dalam bentuk permainan ini memiliki kandungan unsur pendidikan serta nyanyian yang menarik dan menyenangkan. Dalam pelaksanannya, materi latihan materi latihan dikehendaki berwujud modern, bermanfaat dan taat terhadap asas-asas.


Adapun sebagian materi pramuka siaga terbagi terhadap sebagian tempat di pada lain adalah :

* Area Pengembangan Sosial :


1. Pramuka Siaga Mula : Mengenal bagian keluarga, rekan dalam satu barung, dan mengenal rekan dalam satu perindukan.


1. Pramuka Siaga Bantu : Mengenal lingkungan serta tahu aturan-aturan sosial yang berlaku lingkungannya.

2. Pramuka Siaga Tata : Taat terhadap peraturan-peraturan sosial yang berlaku di lingkungannya. Serta lakukan tugas yang diberikan bersama dengan penuh tanggung jawab serta mengethaui wawasan kebangsaan.


* Area Pengembangan Intelektual :


1. Pramuka Siaga Mula : Mengenal pengetahuan, teknologi teknologi dan keterampilan kepramukaan.


1. Pramuka Siaga Bantu : Mampu lakukan ilmu teknologi dan keterampilan kepramukaan serta sanggup memanfaatkannya.

2. Pramuka Siaga Tata : Mampu menceritakan ilmu dan teknologi serta keterampilan kepramukaan yang dimilikinya dalam barung dan perindukan.


Materi Pramuka untuk Penggalang


Untuk materi pramuka penggalang, kode kehormatan yang harus dihafal adalah :


1. Trisatya (Janji dan komitmen diri)

2. Dasadarma (Ketentuan moral)


Bunyi berasal dari Trisatya adalah :


Demi kehormatanku aku berjanji bakal bersungguh-sungguh :


1. Menjalankan kewajibanku terhadat Tuhan YME, NKRI dan mengamalkan Pancasila,

2. Menolong sesama sesama hidup dan menyiapkan diri membangun masyarakat

3. Menepati Dasadarma


Bunyi berasal dari Dasadarma adalah :


1. Takwa kepada Tuhan yang Maha Esa

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3. Patriot yang sopan dan kstaria

4. Patuh dan suka bermusyawarah

5. Rela menopang dan tabah

6. Rajin, cekatan dan gembira

7. Hemat, detail dan bersahaja

8. Disiplin, berani dan setia

9. Bertanggung jawab dan sanggup dipercaya

10. Suci dalam pikiran, perkatan dan perbuatan


Sebenarnya Trisatya dan Dasadarma ini juga digunakan untuk group pramuka Penegak dan Pandega pula.


Materi Pramuka untuk Penegak dan Pandega


Kelompok selanjutnya, adalah group yang nyaris mirip ialah Penegak dan Pandega. Penegak sendiri adalah sebuah golongan sesudah pramuka Penggalang. Disebut pramuka Penegak sendiri gara-gara sesuai bersama dengan kiasan terhadap era Penegakan kemerdekaan bangsa Indonesia.


Sementara group pramuka Pandega adalah golongan pramuka sesudah Penegak. Anggota pramuka mempunyai model aktivitas yang mirip dan dijalankan bersama bersama dengan pramuka Penegak.


Materi pramuka basic yang harus dihafal oleh Penegak dan Pandega sendiri mirip halnya bersama dengan Penggalang. Yakni Trisatya dan Dasadarma.


Namun selain keduanya, materi pramuka yang harus diketahui oleh keduanya adalah tentang sejarah dan arti Gerakan Pramuka.


Sejarah dan Makna Gerakan Pramuka


Sejarah dan arti kiasan simbol Gerakan Pramuka adalah materi pramuka yang digunakan sebagai pelengkap ilmu umum kepramukaan. Maka sebagai sebuah materi, sejarah dan arti simbol Gerakan Pramuka ini harus dimengerti, dimengerti dan dihayati. Ya, pasti saja oleh tiap tiap bagian pramuka yang tahu nilai-nilai kiasan sebagaimana terkandung di dalamnya.


Lambang Gerakan Pramuka adalah sebagai tanda pengenal bagi sebuah organisasi Gerakan Pramuka yang sifatnya ini baku atau tetap. Lambang inilah yang sifat, keadaan, nilai dan dan norma yang dimiliki oleh tiap tiap bagian Gerakan Pramuka sesuai bersama dengan yang dicita-citakan.


Sebagaimana ditetapkan dalam dalam Anggaran Dasar Gerakan Pramuka pasal 48. Juga terhadap Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka Bab VII pasal 120. Tentang simbol Gerakan Pramuka adalah tunas kelapa.


Pencipta simbol ini adalah Sunardjo Atmodipuro, ia adalah seorang Andalan Nasional yang juga menjadi Pembina Pramuka sertab bekerja di Departemen Pertanian. Sunardjo Atmodipuro sendiri lahir terhadap terhadap tanggal 29 Pebruari 1909 di Blora dan meninggal terhadap tanggal 31 Mei 1979.


Pengetahuan tentang simbol Gerakan Pramuka juga menjadi tidak benar satu materi dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU). Yaitu di awali berasal dari SKU Siaga Mula, SKU Siaga Bantu, SKU Siaga Tata serta SKU Penggalang Ramu.


Seperti itulah yang sanggup kita ulas berasal dari materi pramuka basic untuk group Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pembina. Semoga bermanfaat.