Cara Taming/Menjinakan Musang Pandan

Musang liar hasil tangkapan akan langsung menggigit ataupun mencakar manusia yang mendekatinya, hal ini sangat wajar dilakukan hewan sebagai pertahanan diri selain berlari dan bersembunyi. Cara menjinakan musang pandan adalah dengan merawat dan memeliharanya dengan baik. Dalam hitungan bulan pasti hubungan baik antara anda dan musang akan terjalin. 

Musang adalah hewan nighttime yang memiliki jiwa predator, dia dapat mengenali emosi makhluk lain hanya dengan melihat matanya. Oleh karena itu makin anda ragu dan takut, makin galak si musang. 

Cara menjinakan musang pandan 

Perlu keberanian dari pemilik untuk menjinakkan musang, anda harus siap tangan kena gigit ataupun cakar oleh musang. Usahakan semua perlakuan dilakukan dengan tangan, agar dia terbiasa. 

1,Taruh musang pandan liar di dalam kandang yang kuat. Anda dapat membelinya di pet shop ataupun pasar hewan. 

2.Di minggu awal sering-sering mandikan si musang, hal ini dilakukan untuk mengurangi insting liarnya. Lakukan setidaknya sehari sekali dengan sikat panjang (bisa sikat WC), jangan pakai tangan jelas beresiko. Setelah mulai jinak, kurangi intensitas pemandian. 

3.Beri makan 2-4x dalam sehari, makanan yang bisa diberikan adalah buah-buahan segar dan seminggu sekali beri daging, bisa brave ayam ataupun bekicot. Besar potongan buah, setidaknya bisa masuk mulut si musang. Saat memberi makan gunakan tangan secara langsung (handfeed). 

Kalau bisa jangan gunakan sarung tangan, karena terkadang hal ini bisa menimbulkan ketakutan pada musang. Penggunaan tangan langsung juga dapat mempercepat kedekatan pemilik dan peliharaan. 

Ajak ngomong selagi ngasih makan, agar musang tidak kagetan dan terbiasa dengan suara manusia. Saat ini adalah waktu yang tepat jika anda ingin memberi nama peliharaan ini. 

Setelah self preservation musang mulai menurun (intensitas gigitan berkurang) maka saat memberi makan cobalah elus belakang kepala musang anda. Jika musang akan menoleh, segera tarik tangan keluar kandang. Perlakukan dia dengan baik dan jangan melakukan gerakan yang mengagetkannya. 

4.Langkah terakhir cara menjinakan musang pandan adalah dengan melingkarkan rantai hewan ke lehernya dan ajaklah keluar kandang bertemu dengan orang di sekitar anda. Tentunya sambil dikasih makan. 

Jangan buru mengendongnya jika musang belum benar-benar jinak. Trik jika ingin mengendong adalah dengan mengangkat musang sebentar lalu turunkan lagi, angkat lalu turunkan. Sering lakukan hal ini berulang ulang agar musang tidak lagi kaget. 

Seiring berjalannya waktu maka musang akan terbiasa hidup dengan manusia. Layaknya kucing, dia akan mengikuti anda untuk meminta makan. Tapi yang namanya hewan pemangsa, walaupun sudah jinak sesekali musang masih akan melakukan gigitan, sebagai tanda untuk minta makan ataupun ngajak bermain.