Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Hot Air Gun Soldering

Tulisan ini berguna untuk reparasi dalam menyolder bagian Elektronik dengan solder listrik dengan tiupan angin panas. Di sini kami membahas seputar  hot air gun soldering yang dapat kita pakai untuk mencabut dan mematri bagian elektronika yang mungil.

Pengenalan dan Sistem Kerja Solder Uap

Bagi anda yang berkiprah dalam dunia montir mungkin solder portable ini berkhasiat bagi anda dalam membetuli perlengkapan elektronik. Solder uap ini dapat dibawa kemana-mana yang dilengkapi dengan tiga buah mata hot air gun. Produk ini sangat ringan dan murah, layak untuk anda yang bekerja sebagai teknisi.

Maksud Solder Uap/ Blower

Solder uap ialah teknik penyolderan memakai semburan tekanan udara yang panas yang dapat dipegang tekanan angin dan temperaturnya.

Fungsi Penggunaan Solder Uap

Dalam menjalankan pembenaran (repair) perlengkapan elektronik maka solder uap atau blower ini berfungsi untuk digunakan dalam mencabut serta memasang ulang kembali spart part bagian elektronik  berupa IC mungil SMD, resistor surface, condensator dan lainnya. Solder uap ini juga berfungsi sebagai drying atau untuk mengeringkan board elektronik semisal pcb board handphone dikala kebobolan air.

Solder uap analog ialah blower solder uap yang berfungsi untuk penyolderan. Solder blower ini  sangat layak bagi anda yang bergerak dalam bidang montir. Solder uap ini dilengkapi dengan mata sembur blower sebanyak 3 unit dengan ukuran lubang sembur yang berbeda. Ketika mencabut IC SMD kita memerlukan alat tolong berupa pinset supaya timah tak merekat kembali dikala kaki IC mulai meleleh.

Cara Penggunaan Solder Uap Portabel Analog

Cara pemakainnya sangat gampang, anda tinggal merubah posisi 'mata hot air gun' untuk kondisi kerapatan uap dan semburkan panasnya pada bagian perlengkapan elektronik yang akan anda solder. Kita perlu hati-hati dalam memegang suhu dikala anda mencabut spare part IC atau bagian elektronik lainnya.

Trik Memakai Solder Uap

Dalam pengerjaan soldering memakai solder uap perlu menjadi perhatian bagi anda ialah dalam memegang tekanan angin  yang keluar sebab apabila terlalu kencang (apalagi dengan suhu tinggi) akan mengakibatkan bagian elektronik yang mungil-mungil pada papan PCB akan tercabut. oleh sebab itu sebelum menyoroti dan menyeburkan uap panas ini ke bagian harus diseting dulu tekanan angin dan suhu.

Harga Solder Uap

Harga hot air gun soldering ini berkisar Rp 400 ribu hingga 600 ribu-an. Coba cari harga yang lebih murah melalui sebagian laman. Sekiranya tidak terdapat di tempat anda karenanya temukan barang ini di distributor atau laman online yang memasarkan barang ini.