Mengawali debut perdananya di ajang Bologna Motor Show pada tahun 2006, Tata Xenon adalah salah satu model Pick Up Diesel 4x4
favorit dari pabrikan kendaraan beroda empat asal India. Teladan ini
berbagi kerangka yang sama dengan Sumo Grande SUV, yang diproduksi untuk
pasar India. Xenon bukanlah sekadar pikap umum, mengingat kendaraan ini
mengusung tampilan bak kendaraan dari segmen premium dan dibekali
dengan mesin bertenaga tinggi yang sanggup mengungguli kompetitornya.
Kecuali sanggup menyemburkan tenaga yang besar, mesin kendaraan ini juga
tenar sebagai salah satu yang terbaik dalam aspek efisiensi bahan bakar
di segmen kendaraan komersial. Xenon juga hadir di beraneka negara
dengan kapabilitas off-road yang mewah dan kapasitas 5-bangku seperti
Xenon XT. Namun, Tata Motor tentunya tidak akan berani ambil resiko
untuk merilis model XT di pasar otomotif Indonesia yang lesu, sehingga
lebih cenderung untuk konsentrasi pada segmen komersial.
Review Tata Xenon, Pick Up Diesel 4x4 Teririt Di Indonesia
Interior & Fitur
Kita tentunya tidak dapat berharap terlalu banyak mengenai kenyamanan
interior yang ditawarkan oleh kendaraan di segmen Xenon. Namun, pabrikan
sudah membekali Pick Up Diesel 4x4
komersial ini dengan interior yang setara dengan kendaraan mewah
entry-tingkatan. Hadir dengan dasbor yang berwarna abu-abu gelap,
beserta pegangan pintu dan jendela yang berdialek hitam, Xenon
dilengkapi dengan unit AC yang mendinginkan kabin dalam sebagian menit.
Sayangnya, unit audio tidak terdapat pada daftar fitur standar
kendaraan, tetapi ini bukanlah problem utama di segmen ini, mengingat
kendaraan ini memang berorientasi pada kapasitas bobot ketimbang
kenyamanan. Duduk ini ditunjang dengan metode suspensi elips leaf
2-tahap yang amat canggih sehingga memberikan kenyamanan selama
berkendara, bagus dikala truk penuh bobot maupun dalam situasi kosong.
Sedangkan nyaman dengan stir yang dapat disesuaikan juga adalah salah
satu fitur kenyamanan yang menarik, sehingga menciptakan Xenon lebih
dari sekadar pikap komersial konvensional.
Eksterior
Berdiskusi tergolong sebagai pikap komersial, tetapi eksterior Xenon
mengusung tampilan kendaraan mewah dan menawarkan ukuran yang terbesar
di kelasnya. Panjang kendaraan ini secara keseluruhan menempuh 5361 mm
dan lebar 1860 mm, sehingga menawarkan ruang interior yang lapang untuk
penumpangnya dan kapasitas bobot yang amat besar. Dengan tinggi menempuh
1785 mm, Xenon juga tergolong praktis dikala memuat/menurunkan barang.
Daya mengenai gaya desain ekstenal, fitur Xenon yang paling tajam adalah
fasia ala SUV dengan lampu utama berdialek krom terang yang ditunjang
dengan teknologi LED. Diantara lampu utama bernuasa maskulin nan
sederhana, terdapat gril standar dengan lambang TATA yang disematkan
pada komponen tengah. Lengkungan roda diperlebar, sehingga menonjol
serupa dengan SUV mewah, beserta rumah lampu kabut yang dibalur warna
hitam-matte.
Mesin & Konsumsi BBM
Mesin yang disematkan pada Tata Xenon sudah diklaim oleh pabrikan
sebagai mesin yang berkapasitas paling besar di segmennya, menjadikannya
sebagai truk pikap paling bertenaga di pasar Indonesia. Duduk ini
dipersenjatai dengan mesin diesel Turbocharged berkapasitas 3 liter yang
menciptakan tenaga puncak sekitar 73 bhp @3000 rpm dan torsi menempuh
223 Nm dalam jangka putaran 1600-2200 rpm. Mobil keluaran yang besar ini
menciptakan Xenon sebagai kendaraan pikap yang efisien dn sanggup
mengangkut barang yang lebih berat, ketimbang pikap lain di segmennya.
Sebagai turbocharged, kapasitas mesin sudah dimaksimalkan melebihi
standarnya dan teknologi injeksi lantas yang diatur oleh komputer
menawarkan tingkat efisiensi bahan bakar yang harus diacungi jempol.
Pikap ini sanggup menembus kecepatan puncak sampai 120 kmpj dan
ditunjang dengan jaminan 3 tahun.
Keselamatan, Pengereman, dan Fasilitas Lainnya
Dalam aspek keselamatan, kendaraan ini sudah dirancang dengan struktur
3-lapisan yang amat kuat, beserta zona tabrakan yang diposisikan secara
khusus, sehingga sanggup mendistribusikan efek tabrakan guna
meminimalisir resiko kecelakaan. Rem depan ditunjang dengan rem cakram,
walaupun komponen belakang dibekali dengan rem drum hidrolik vakum yang
menawarkan mekanisme pengereman efisien dan sanggup menghentikan
kendaraan sampai pada posisi diam cuma dalam hitungan detik.
Pick Up Diesel 4x4 Tata Xenon adalah model ideal dari kebolehan
pabrikan raksasa asal India yang sudah menguasai segmen kendaraan
komersial di seluruh dunia. Kualitasnya sangatlah setara dengan harga
yang diusung serta menawarkan dapur pacu terbaik dengan ukuran dan
kenyamanan terbaik serta mengungguli kompetitornya dalam seluruh aspek.