Salah Satu Kandungan Susu yang Menyehatkan Tubuh

Salah Satu Kandungan Susu yang Menyehatkan Tubuh

Susu sering disebut sebagai minuman yang menyehatkan karena kandungan kalsium yang terkandung di dalamnya. Sebenarnya kandungan susu yang menyehatkan tidak hanya kalsium saja, masih banyak nutrisi bermanfaat lainnya dalam distributor susu yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Oleh karena itu, penting untuk mengenal pelbagai kandungan susu tersebut agar kebutuhan nutrisi Anda dapat terpenuhi dengan baik. Berikut ialah kabar tentang kandungan susu yang perlu Anda simak

Kandungan susu yang menyehatkan
Di dalam sekitar satu gelas susu (220 ml), terdapat sekitar 122 kalori, 4,8 gram lemak, 115 mg sodium, 12 gram karbohidrat, 12 gram gula, 8 gram protein, dan 293 kalsium.

Selain itu, susu juga mengandung pelbagai vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk tubuh. Berikut ialah kabar komplit tentang kandungan susu.

1. Vitamin dan mineral

Seperti yang diketahui banyak orang, susu ialah sumber kalsium yang baik. Tidak hanya itu, susu juga mengandum fosfor, riboflavin, vitamin B12, kalium, zinc, thiamin, dan selenium. Dapat dibilang susu mengandung hampir setiap nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Kandungan kalsum yang ada di dalam susu malah termasuk ke dalam tipe kalsium yang mudah untuk diserap tubuh. Jumlahnya malah cukup banyak, ialah 293 mg per gelasnya. Jumlah ini dapat memenuhi hampir sepertiga kebutuhan kalsium orang dewasa.

Selain itu, ada pula sebagian susu yang diperkaya dengan vitamin D. Beberapa negara bahwa mewajibkan produsen susu untuk menambahkan kandungan vitamin D di dalam susu yang mereka produksi.

2. Protein

Tidak hanya kaya akan kandungan kalsium, susu juga termasuk sebagai sumber protein yang baik untuk tubuh Anda. Kandungan protein dalam susu malah cukup tinggi, ialah sekitar 8 gram per satu gelas susu.

Protein yang ada di dalam susu mengandung sembilan asam amino penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Komposisi protein dalam susu terbagi menjadi dua, ialah 18 persen protein whey dan 82 persen protein kasein.

Kasein ialah protein susu yang tidak larut dalam air. Salah satu sifat kasein ialah sanggup meningkatkan penyerapan fosfor dan kalsium serta sanggup meningkatkan tekanan darah.

Padahal protein whey ialah tipe protein yang dapat larut dalam air. Variasi protein ini dianggap dapat memberikan pelbagai banyak efek kesehatan, seperti memperbaiki suasana hati, menurunkan tekanan darah, serta menyusun dan menjaga massa otot.

Kedua tipe protein yang ada di dalam susu ini juga dilengkapi dengan proporsi asam amino esensial yang tinggi dan mudah dicerna.

3. Karbohidrat

Karbohidrat di dalam susu umumnya berbentuk laktosa gula. Saat dikonsumsi, laktosa akan terurai ke dalam galaktosa dan gula darah, yang kemudian akan diserap ke dalam aliran darah Anda.

Ada sebagian orang yang tubuhnya tidak sanggup memecah laktosa karena tubuhnya kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk memecah laktosa tersebut. Keadaan ini disebut dengan intoleransi laktosa.

4. Lemak

Segelas susu mengandung sekitar 4 persen lemak. Selain itu, ada pula sebagian tipe susu yang memiliki kadar lemak lebih rendah, seperti susu tanpa lemak (0 persen) dan susu rendah lemak (1-2 persen).

Secara garis besar, lebih dari separuh lemak yang terkandung di dalam susu ialah lemak jenuh. Seperempat lainnya dari lemak susu ialah lemak tidak jenuh tunggal dan sebagian kecilnya ialah lemak tidak jenuh ganda.

Perhatikan ini sebelum Anda mengkonsumsi susu secara rutin

Berdasarkan kandungan susu di atas, minuman ini dapat memberikan banyak manfaat, seperti membantu penyusunan tulang, membatasi nafsu makan, mencegah diabetes, dan menjaga kesehatan gigi.

Padahal demikian, Anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi terlalu banyak susu karena dapat memicu pelbagai masalah kesehatan, seperti gangguan metabolisme, meningkatkan risiko alergi, dan gangguan pernafasan.

Selain itu, susu juga mengandung hormon dari sapi, salah satunya ialah hormon IGF-1, yang berpotensi meningkatkan pembelahan dan penggandaan semua sel normal dan tidak normal yang terkait dengan jerawat dan kanker.

Susu memang mengandung tipe nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal demikian itu, pastikan Anda tidak meminumnya secara berlebihan sekalipun Anda beratensi dengan sebagian kandungan susu di atas.

Di Website terdapat susu yang berada di tempat kami diantaranya :