Cara Menulis Kwitansi



Pada pembahasan kali ini kami akan sebabkan artikel mengenai Kwitansi dan Cara Menulis Kwitansi, yuk disimak ulasannya berikut ini :

Pengertian Kwitansi

Kwitansi merupakan suatu alat bukti penerimaan sejumlah uang yang akan ditandatangani oleh penerima, lantas dapat diserahkan kepada yang telah membayar atau dapat digunakan sebagai bukti transaksi.

Kwitansi yakni surat bukti yang akan membuktikan telah akan terjadinya penyerahan sejumlah uang, dari pemberi kepada penerima atau yang ditandatangani oleh penerima sejumlah uang yang dapat ditulis terhadap surat tersebut. Kwitansi termasuk ditambah bersama dengan info tempat, tanggal atau alasan yang penyerahaannya sejumlah uang tersebut. Biasanya termasuk untuk memperkuat isyarat bukti transaksi terhadap kwitansi akan ditempelkan Materai sebesar yang telah ditentukan oleh UU perpajakan.

Kwitansi merupakan suatu surat dokumen yang akan sering digunakan sebagai isyarat bukti bahwa telah terjadinya transaksi penerimaan sejumlah uang dari pemberi uang kepada penerima uang, yang akan ditambah bersama dengan sebagian rincian seperti obyek dari pembayaran maupun termasuk transaksi, area dan tanggal di mana akan terjadinya transaksi tersebut. Terdapat sebagian transaksi yang akan manfaatkan bukti kwitansi di dalam pendatanganannya yang akan diwajibkan untuk disertai materai sebagai legalitas dari kwitansi yang akan dibuat sebagai bukti dari transaksi.


Hal yang Harus Anda Perhatikan Pada Saat Pembuatan Kwitansi

Adapun hal yang harus Anda mencermati ketika Anda pergi ke isyarat terima yang nantinya akan digunakan sebagai transactionproof, yakni sebagai berikut:

1. Jangan tinggalkan isyarat terima yang kosong.

2. Tulislah nama orang yang terima uang secara penuh.

3. Pada akhir Deskripsi atau penjelasan harus memberi tambahan isyarat terakhir dari huruf. Tujuannya adalah bahwa pengakuan pendapatan tidak dapat ditambahkan bersama dengan penjelasan lain yang mungkin berpotensi merugikan.

4. Tempat dan tanggal harus di sebelah isyarat tangan dari orang yang terima uang.

5. Jika isyarat terima dibutuhkan untuk manfaatkan stempel, isyarat tangan harus terhadap stempel yang diterapkan atau disisipkan.

6. Dan Anda harus dapat membedakan pada penerimaan dan pembelian dan penjualan uang kertas.


Manfaaat dan Fungsi kwitansi

Berikut ini aku akan mengulas fungsi atau Fungsi Kwitansi Secara lazim kwitansi merupakan suatu alat bukti agar penerimaan sejumlah dana yang akan ditandatangani oleh penerima, lantas akan diserahkan kepada yang membayar dan dapat dijadikan sebagai sbeuah bukti transaksi. Kwitansi yakni surat bukti yang membuktikan telah terjadinya penyerahan sejumlah uang, dari pemberi kepada penerma atau akan ditanda tangani oleh penerima sejumlah uang yang akan ditulis terhadap surat tersebut. Kwitansi akan ditambah bersama dengan info tempat, tanggal atau termasuk alsan penyerahannya sejumlah uang tersebut. Biasanya untuk memperkuat sebuah isyarat bukti transaksi terhadap kwitansi akan ditempatkan materai yang sebesar yang telah ditentukan oleh sebuah UU perpajakan.

Kwitansi merupakan sebuah surat atau dokumen yang sering digunakan sebagai isyarat bukti bahwa telah saatnya terjadi sebuah transaksi penerimaan sejumlah dana dari pemberi uang kepada penerima uang, yang akan ditambah bersama dengan sebagian rincian seperti obyek dari pembayaran atau transaksi, area dan tanggal di mana terjadi sebuah transaksi tersebut. Terdapat termasuk sebagian transaksi yang sering manfaatkan sebuah bukti kwitansi di dalam pendatanganannya akan harus diwajibkan disertai materai sebagai legalitas dari kwitansi yang akan dibuat sebagai bukti dari transaksi. Bisajuga kita simpulkan dari sebagian penjelasan diatas, salah satu kegunaan kwitansi yakni dapat termasuk digunakan sebagai sebuah isyarat bukti transaksi maupun penyerahan sejumlah uang. Itulah diatas sebagian penjelasan umpama postingan kwitansi, kalian dapat pilih yang mana saja dari yang singkat sampai yang rinci, gara-gara sekiranya kita dicermati dari seluruh penjelasan berikut akan membawa inti yang sama.


Ciri Ciri Kwitansi

Adapun sebagian ciri khas dari kwitansi, yang diantaranya sebagai berikut ini:misalnya kwitansi pembayaran yang dibagi di dalam 2 bagian diantaranya yakni bagian kiri disebut termasuk bersama dengan sub kwitansi bagian ini yang sering digunakan untuk sebagai bukti bagi yang menghendaki uang dan bagian sebelah kanan diberikan kepada yang membayar maupun menyerahkan sejumlah uang. Adapun kwitansi yang dibuat secara singkat, di mana bagian paling atau bgaan asli telah diberi kepada yang membayar atau bagian bawah atau arsip terhadap yang akan terima sejumlah uang. Informasi yang akan dimuat di dalam bagian bagian kwitansi yakni diantaranya yakni: nama lengkap yang akanmenyerahkan sejumlah uang, jumlah yang akan diserahkan ataupun dibayarkan, area maupun tanggal penyerahan uang dan juga nama lengkap maupun tandatangan penerima.

Memang padadasarnya pengertian mengenai kwitansi, nota dan faktur adalah hal yang sama sebagai salah satu perlengkapan kantor maupun bisnis yang akan digunakan sebagai bukti-bukti transaksi jual-beli yang sah. Perlengkapan ini akan terlampau penting dimiliki oleh siapa saja yang akan membawa bisnis bersama dengan ini kas keuangan masuk dan muncul dapat lebih terkontrol bersama dengan terlampau baik. Kendati nota, kwitansi dan faktur sama-sama sebagai alat sebuah transaksi, tapi di dalam hal ini ketiganya membawa perbedaan di dalam fotmat ataupun penggunaanya. Berikut definisi dan kegunaan ketiganya. Kwitansi secara instilah yakni kertas yang digunakan sebagai bukti dari penerimaan ini sejumlah uang yang ditanda tangani oleh para penerimanya dan diserahkan kepada yang membayar dan dapat digunakan sebagai alat bukti dari transaksi tersebut.


Jenis Jenis Kwitansi

Kwitansi ada beraneka model berdasarkan penggunaan. Seperti sebagian model kwitansi berikut.

Jenis Penerimaan adalah bukti pembayaran, yang dapat bersifat angsuran atau pembayaran cicilan. Semua ini akan jadi bukti kuat ketika Anda membuktikan isyarat terima.


* Kwitansi Transaksi Produk

Jenis isyarat terima ini menjelaskan apa yang telah dibeli konsumen. Tanda terima dicantumkan di dalam rincian nomor seri item, model item, alamat konsumen, dan harga item.

Sebagai aturan, model isyarat terima ini digunakan di instansi perbankan. Karena akses ini mempunyai gambaran yang lebih paham daripada nomor akun.

Dokumen yang digunakan di dalam lingkungan kerja. Tanda terima ini menjelaskan dana muncul atau masuk di mana transfer disusun sebagai bukti informasi keuangan sepanjang audit.


* Kwitansi Serah Terima Uang

Jenis dokumen berikut ini paling sering digunakan. Dalam isyarat terima ini, Anda harus pilih jumlah yang tersisa untuk seseorang, lembaga, atau perusahaan.


Komponen Dalam Menulis Kwitansi

Berikut ini sebagian hal yang perlu diperhatikan di dalam pembuatan kwitansi yakni:

* Nomer kwitansi, nomor ini akan berperan untuk dapat membedakan pada kwitansi satu bersama dengan kwitansi yang lain. Anda dapat membuatnya bersama dengan kronologis memakai angka atau mungkin bersama dengan memberi tambahan huruf. Untuk format penomorannya dapat dilaksanakan sesuai sama kepentingan yang akan diinginkan.

* Nama lengkap orang yang akan laksanakan transaksi atau instansi yang akan menyerahkan uang.

* Jumlah uang yang akan diserahkan yakni besaran nominal uang yang ditulis sama termasuk bersama dengan angka maupun huruf.

* Tempat, hari maupun tanggal terjadinya transaksi

* Tujuan pembayaran, di dalam soal ini akan menjelaskan untuk apa pembayaran berikut di lakukan

* Nama lengkap orang dan juga jabatan di dalam instansi yang terima uang yang akan di sertai bersama dengan isyarat tangan

* Cap atau stempel Dinas atau perusahaan yang akan terima pembayaran

* Bila memakai materai, isyarat tangan harus mengenai materai yang akan di tempelkan.


Contoh Kwitansi Pembayaran

Kwitansi merupakan dokumen yang akan di jadikan isyarat bukti transaksi pembayaran yang terhadap biasanya turut di isyarat tangani oleh pihak penerima uang. Kwitansi yang telah diisi bersama dengan beraneka info pembayaran dan juga telah ditandatangani oleh penerima uang terhadap setelah itu akan di serahkan kepada pihak yang membayar sejumlah uang tersebut. Agar lebih memperkuat legalitas, biasanya termasuk penandatangan kwitansi berikut termasuk akan disertakan bersama dengan materai yang dapat di mengatur bersama dengan keperluan.

Jika manfaatkan materai, maka isyarat tangan harus mengenai materai yang akan di tempelkan. Khusus untuk kwitansi bersama dengan materai, berikut ini ada ketentuannya sesuai ketetapan Menteri Keuangan yakni :

* Transaksi maupun pembelian di bawah Rp. 250.000 tidak boleh manfaatkan materai.

* Transaksi maupun pembelian pada Rp. 250.000 – Rp. 1.000.000 akan manfaatkan materai Rp. * Transaksi di atas Rp. 1.000 boleh manfaatkan materai Rp. 6.000

Demikianlah artikel mengenai Kwitansi : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri, Jenis, Contohdari pengajar.co.id semoga bermanfaat.