Contoh Teks Laporan Percobaan



Apa kabar semuanya? Mudah-mudahan dalam situasi sehat walafiat dan senantiasa motivasi belajar, ya! Kali ini kami mau membahas materi bikin anda yang duduk di kelas 9, nih, yakni teks laporan percobaan. Ayo, siapa yang belum begitu tahu bersama dengan materi ini? Atau kemungkinan telah lumayan paham, tetapi masih sudi mempelajari lebih dalam?

Pada artikel kali ini, kami bakal membahas pengertian teks laporan percobaan, strukturnya, ciri-ciri, beberapa langkah dalam membuatnya, juga Contoh Teks Laporan Percobaan. Penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk, langsung simak di bawah, ya!


Pengertian Teks Laporan Percobaan

Laporan adalah segala suatu hal yang disampaikan seseorang, baik bersifat lisan atau tulisan, yang memuat aktivitas yang telah dikerjakan terhadap pihak yang meminta hasil aktivitas tersebut.

Sedangkan percobaan ialah suatu wujud aktivitas penelitian untuk menguji atau menyatakan suatu teori. Jadi, jika digabungkan, teks laporan percobaan ialah wujud teks atau tercantum yang berfaedah untuk memberikan hasil aktivitas percobaan yang tujuannya menguji atau menyatakan teori.

Teks laporan percobaan sering juga disebut sebagai teks laporan eksperimen. Biasanya, kelompok yang laksanakan percobaan memiliki dugaan hasil atau hipotesis. Dugaan hasil inilah yang wajib diuji dan dibuktikan dalam aktivitas percobaan.


Ciri-ciri Teks Laporan Percobaan

Ketika menulis teks laporan percobaan, ada sebagian perihal yang wajib Quipperian memperhatikan sebagai ciri-ciri laporan. Apa saja?

A. Objektif

Menyampaikan Info atau knowledge sesuai bersama dengan situasi yang sesungguhnya. Apabila hasil tidak sesuai hipotesis, sampaikan apa terdapatnya sesuai hasil percobaan yang dilakukan. Misalnya, anda sedang menguji perbandingan vitamin C terhadap buah jeruk dan stroberi. Kamu menduga buah jeruk memiliki vitamin C lebih tinggi daripada stroberi. Ternyata, setelah dikerjakan percobaan, hasilnya tidak sesuai dugaan. Nah, jika hipotesis tidak sesuai hasil, sampaikanlah hasil percobaan sesuai bersama dengan situasi yang sebenarnya.

B. Berupa Fakta

Hasil yang disampaikan dalam teks laporan percobaan benar-benar telah dilakukan. Penyampaian kalimat pun wajib bersifat fakta. Coba bandingkan ke-2 kalimat di bawah ini:

1. Kandungan vitamin C stroberi kurang lebih 29 mg tiap 100 mg.

2. Terkandung 54 mg vitamin C dalam tiap tiap 100 mg jeruk.

Kalimat 1) bukanlah fakta sebab informasinya belum pasti dan terkesan masih bersifat dugaan sebab pemanfaatan kata “sekitar.” Sedangkan kalimat 2) bersifat fakta sebab memberikan Info secara pasti dan mampu dibuktikan.

C. Lengkap

Kamu wajib memberikan semua Info dalam teks laporan percobaan, Quipperian. Tulis selengkap-lengkapnya supaya pembaca mampu tahu laporan secara utuh dan mampu bermanfaat.

Kemudian, untuk ciri-ciri kebahasaannya ialah sebagai berikut:

1. Menggunakan kaidah bhs Indonesia yang baku

2. Menggunakan kalimat simpleks dan kalimat kompleks

3. Menggunakan konjungsi

4. Menggunakan arti teknis

5. Menggunakan kata bilangan (numeralia)

6. Memperhatikan kata depan dan imbuhan awal


Struktur Teks Laporan Percobaan

Percobaan dikerjakan untuk mencoba suatu aktivitas baru yang belum dulu dikerjakan orang lain atau menyatakan kebenaran berasal dari suatu teori dan ilmu yang telah ada. Nah, jika anda laksanakan suatu percobaan, anda mampu memanfaatkan susunan di bawah ini dalam penyusunan laporannya.


1. Judul

2. Tujuan

3. Alat dan bahan

4. Langkah-langkah

5. Hasil

6. Simpulan


Langkah-langkah Membuat Teks Laporan Percobaan

Setelah membahas pengertian, ciri-ciri, dan strukturnya, pasti anda sudi tahu dong seperti apa sih beberapa langkah dalam memicu teks laporan percobaan? Yuk, simak di bawah ini!


1. Membuat judul

2. Menyusun kalimat pembuka

3. Menyusun isi laporan

4. Menyusun kalimat penutup

5. Merangkai dan meninjau kembali

6. Menyunting


Contoh Teks Laporan Percobaan

Supaya belajarnya lebih afdol, Quipper Blog bakal beri tambahan sebagian umpama teks laporan percobaan. Langsung saja dibaca, ya!


1. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Telur Asin


Tujuan


Telur asin adalah telur yang dibikin berasal dari bebek yang telah melalui sistem pengasinan lebih dahulu. Telur asin mengandung banyak vitamin dan gizi, supaya konsumsi telur asin mampu berfaedah bagi tubuh. Telur asin mampu dibikin bersama dengan cara tradisonal dan benar-benar ringan sebab alat dan bahannya yang sederhana.


Alat dan Bahan


* Telur bebek

* Abu gosok

* Tanah liat

* Garam

* Ampelas


Langkah-langkah Membuat


1. Cuci telur bebek sampai bersih, sesudah itu ampelas kulit telur sampai tipis.

2. Campurkan abu gosok, tanah liat, dan garam sampai merata.

3. Lapisi telur yang telah diampelas memanfaatkan bahan campuran tadi.

4. Diamkan telur terhadap suhu area sampai 20 hari atau 3 minggu.


Hasil


Telur bebek yang dibikin melalui sistem pengasinan seperti di atas membuahkan telur asin yang prima dan lezat. Telur asin ini benar-benar sesuai dikonsumsi bersama dengan nasi putih. Telur asin ini memicu varian konsumsi telur bebek jadi lebih banyak dan tidak begitu amis.


Kesimpulan


Pembuatan telur asin di atas membuahkan kadar gizi yang lumayan lengkap dan sesuai dikonsumsi oleh segala usia. Namun, bagi penderita darah tinggi tidak disarankan konsumsi telur asin sebab kadar garamnya yang benar-benar tinggi. Meskipun kadar gizinya lengkap, tetapi telur asin tidak disarankan dikonsumsi dalam jumlah banyak.


2. Contoh Teks Laporan Percobaan Membuat Pelangi


Tujuan


Pelangi merupakan fenomena alam yang berlangsung di langit, bersifat aneka ragam warna sinar yang saling sejajar. Di langit, pelangi nampak seperti busur sinar bersama dengan ujungnya mengarah terhadap horizon dan berlangsung selagi hujan ringan. Dalam percobaan ini, bakal diuji mengenai sistem terbentuknya pelangi, faktor-faktor yang memicu pelangi terbentuk, dan bagaimana prosesnya.


Alat dan bahan


* Kaca

* Air

* Baskom

* Kertas putih atau dinding

* Senter atau sinar ponsel


Proses Membuat Pelangi


1. Isi baskom bersama dengan air sampai 1/2 penuh.

2. Masukkan kaca di dalamnya bersama dengan posisi miring.

3. Lalu, sorot kaca bersama dengan senter dan arahkan pantulan cahayanya terhadap kertas putih atau dinding.

4. Pelangi buatan pun bakal langsung muncul.


Hasil


Pelangi bakal berhasil terbentuk seumpama arah sinar atau sumber sinar yang menyinarinya berada di posisi yang pas, yakni berasal dari depan dan masuk ke dalam cermin, lantas dipantulkan ke kertas putih. Cahaya yang masuk ke dalam air bakal membuahkan pembiasan yang sesudah itu membentuk warna-warni atau pelangi.


Kesimpulan


Pada pelangi sungguhan, sinar matahari memantul terhadap tetesan air, lantas berlangsung pembengkokan sedemikian rupa dan terjadilah pembelahan warna terhadap cahaya. Awalnya warna sinar ini hanya berwarna putih, tetapi terhadap prosesnya tercipta banyak warna, yakni jadi merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.


3. Contoh Teks Laporan Percobaan Praktikum Biologi


Tujuan


Dalam dunia pertanian, tanaman hidroponik jadi inovasi yang diklaim mampu menghemat air, tanpa wajib memanfaatkan fasilitas tanah. Menanam tanaman hidroponik sendiri sebetulnya sama seperti menanam sayur terhadap umumnya.


Alat dan Bahan


* Tunas tanaman

* Media hidroponik (bisa dibeli langsung atau dibikin sendiri bersama dengan bahan sederhana)

* Air


Langkah-langkah


1. Pindahkan tunas tanaman yang telah melalui sistem pembenihan terhadap fasilitas hidroponik.

2. Masukkan air ke dalam fasilitas hidroponik, letakkan terhadap tempat tinggi atau digantung.


Hasil


Melalui percobaan di atas bakal dihasilkan tanaman hidroponik yang irit air, praktis sebab tak wajib disiram tiap hari, juga sesuai dan indah sebagai tanaman vertikal yang menghiasi rumah.


Kesimpulan


Tanaman hidroponik sebetulnya irit air dan merupakan inovasi bagus dalam dunia pertanian.