Susunan Panitia Pernikahan

Susunan Panitia Pernikahan


Susunan Panitia Pernikahan – Menyelenggarakan pesta pernikahan kerap kali memakan banyak biaya, waktu, tenaga, dan juga sanggup menguras pikiran.

Tidak saja cuma bagi ke dua calon pengantinnya, dapat namun seluruh keluarga besar dapat turut mengalaminya.

Karena hal itu pula, umumnya keluarga dan sanak saudara berbondong-bondong singgah menambahkan bantuan.

Sebab sebetulnya yang namanya menikah bukan cuma antara seorang laki-laki dan perempuan, namun termasuk ‘menikahkan’ keluarganya. Artinya adalah bahwa sehabis ikatan pernikahan tersebut sudah sah, maka ke dua keluarga termasuk turut bersatu.

Diantara sekian banyak persiapan menuju pernikahan, yang tidak dapat ketinggalan adalah menyusun kepanitiaan untuk penyelenggaraan acara tersebut.

Panitia yang dibentuk sanggup panitia besar maupun didalam lingkup yang lebih kecil, yakni panitia keluarga.

Kepanitiaan ini disusun agar sanggup meringankan beban pengantin khususnya pada sementara hari-H pernikahannya.

Pengantin dapat menjadi raja dan ratu sehari, agar tidak wajib kembali turut direpotkan bersama kepentingan yang mendukung terselenggaranya acara. Maka berasal dari itu kepanitiaan ini penting peran dan fungsinya.

Menggunakan Jasa Wedding Organizer (WO)

Panitia pernikahan berasal dari keluarga sanggup saja ditiadakan, yakni dikala didalam menyelenggarakan pernikahan tersebut menggunakan jasa Wedding Oganizer (WO). Ketika sudah menyewa jasa WO, pembentukan panitia keluarga tidak dibutuhkan lagi.

Hanya saja wajib menunjuk beberapa orang untuk dijadikan koordinator atau penanggung jawab pada tiap tiap pos yang dibutuhkan kepanitiaan.

Misalnya seperti urusan penerima tamu, katering, dekorasi, musik atau hiburan, apalagi urusan teknis ke dua pengantin dan hal-hal kecil lainnya yang jikalau perlu.

Penanggung jawab lainnya sanggup sebagai penghubung antara pihak keluarga bersama pihak WO.

Namun kalau kamu tetap idamkan membentuk panitia keluarga, sebaiknya memberikan tugas pada hal-hal yang berbentuk benar-benar penting saja, selebihnya kamu sanggup mengandalkan orang-orang berasal dari WO untuk mengurusnya.

Karena percuma saja bukan, dikala kamu sudah menyewa jasa mereka namun tidak berperan banyak gara-gara sudah diurus oleh panitia yang kamu bentuk sendiri.

Oleh karenanya libatkan keluarga secukupnya saja didalam menggerakkan tugas-tugas tersebut dikala sudah menyewa jasa WO.

Susunan Panitia Pernikahan Tanpa Menggunakan Jasa WO

Jika kamu tidak menggunakan jasa WO dan memilih untuk mengurusi acara pernikahan sendiri, kamu wajib membentuk panitia besar.

Pembentukan kepanitiaan ini tidak cuma pada acara yang besar, untuk acara yang simpel sekalipun kepanitiaan benar-benar penting keberadaannya.

Panitia tersebut umumnya tidak cuma berasal dari pihak keluarga saja, namun termasuk melibatkan saudara ataupun tetangga sekitar.

Nah, sebelum akan memilih siapa orang-orang yang dapat ditunjuk sebagai panitia pernikahan.

Hal pertama yang wajib dijalankan adalah mengakibatkan orang-orang perihal untuk berkumpul atau rapat bersama agenda mengupas perihal acara pernikahan yang hendak diselenggarakan.

Secara sederhananya, tujuan berasal dari perkumpulan ini adalah untuk membentuk lapisan panitia pernikahan. untuk tenggat waktunya, selambat-lambatnya adalah satu minggu sebelum akan acara dilaksanakan, apalagi lebih baik kembali sebelum akan itu.

Sebab, kalau menilik normalitas di penduduk desa, tersedia yang menggelar acara ‘penerimaan tamu’ kurang lebih seminggu sebelum akan hari-H akad nikah.


Rapat Kepanitiaan

Rapat kepanitiaan bermanfaat untuk bermusyawarah, baik berasal dari keluarga yang mengungkap hajat yang dapat dilaksanakan.

Serta poin pentingnya adalah keinginan keluarga dapat bantuan berasal dari kepanitiaan tersebut untuk mendukung kesuksesan berjalannya acara tersebut.

Karena tujuan utama berasal dari pembentukan panitia tersebut adalah untuk menegaskan acara sanggup berjalan bersama lancar dan khidmat sejak dimulai sampai selesai cocok bersama yang diharapkan.

Dengan adanya lapisan panitia pernikahan termasuk dapat meringankan beban keluarga ke dua mempelai.

Kepanitiaan yang dibentuk dibedakan menjadi dua, yakni panitia pranikah dan panitia inti pada sementara hari-H pernikahan. Untuk lebih jelasnya, tersebut ini uraiannya.

Kepanitiaan pranikah ialah panitia yang bertugas di awal, seperti mendukung persiapan pernikahan ke dua calon pengantin. Berikut ini adalah lapisan panitia pranikah:


a. Menentukan Ketua Panitia

socaltraveler.com Ketua panitia termasuk sanggup berperan sebagai penanggung jawab atas jalannya acara. Tugas ketua panitia itu sendiri adalah mengkoordinasikan seluruh kegiatan didalam acara tersebut, dan menegaskan berjalan cocok bersama semestinya.


b. Menentukan Sekretaris

Sekretaris tidak dulu terlepas berasal dari kegiatan catat mencatat. Orang yang sanggup ditunjuk sebagai sekretaris ialah yang tangkas dan juga mempunyai kecakapan didalam kegiatan tulis menulis.


c. Menentukan Bendahara

Dalam acara apapun, pengelolaan keuangan tetap menjadi keliru satu hal yang vital. Oleh karenanya dibutuhkan bendahara yang sanggup menyesuaikan pengalokasian dana bersama baik.

Pengaturan keuangan ini tak jarang termasuk menjadi suatu hal yang sensitif, gara-gara berpengaruh segera pada keberlangsungan acara.

Sehingga, hendaknya orang yang ditunjuk sebagai bendahara adalah orang yang diakui mempunyai kredibilitas yang baik dan sanggup dipercaya.

Bahkan biasanya, gara-gara benar-benar peka pula, bendara dapat dipegang oleh pihak keluarga. Dimana ia lebih memahami dan tidak sungkan gara-gara berhubungan segera bersama sesama bagian keluarga.

d. Menentukan Humas

ksp.go.id Seksi humas atau jalinan penduduk mempunyai tugas perihal kemasyarakatan. Artinya ia dapat menghubungi orang-orang luar yang perihal bersama penyelenggaraan acara.

Misalnya dapat berkoordinasi bersama penghulu, ketua RT, dan orang-orang lain yang terlibat.

Oleh karenanya, seseorang yang ditunjuk sebagai humas, hendaknya yang cepat tanggap dan mempunyai relasi yang banyak. Sehingga termasuk dapat mendukung pekerjaannya menjadi lebih mudah.

Sedangkan untuk kepanitiaan inti pada hari-H pernikahan, bertugas untuk buat persiapan segala sesuatunya pada hari tersebut. Memang lebih efektif untuk membawa dampak lapisan panitia dua bagian seperti ini agar tidak tersedia tumpang tindih pekerjaan.

Serta tentu saja koordinasi menjadi lebih baik. Sebenarnya hampir mirip saja, namun cuma beberapa perannya yang sedikit berubah. Maka, tersebut ini lapisan panitia pernikahan inti:


a. Ketua panitia

Tugasnya mirip saja seperti ketua panitia pra pernikahan, yakni sebagai koordinator dan penanggung jawab jalannya acara.


b. Bendahara

Sama seperti sebelumnya, tugas bendahara adalah menyesuaikan keuangan. Namun perbedaannya, dikala pra nikah bendahara bertugas untuk mengalokasikan dana untuk persiapan seperti membagi ongkos untuk konsumsi, sewa menyewa alat, hiburan dan lainnya.


Namun sementara hari-H pernikahan bendahara cuma bersiaga untuk buat persiapan dana kalau setiap waktu terdapat kebutuhan tambahan mendadak atau tidak terduga.


c. Seksi Konsumsi

pasberita.com Ketika menggunakan jasa katering makanan, tugas bagian seksi konsumsi menjadi lebih ringan, yakni cuma bertugas untuk tetap menegaskan ketersediaan konsumsi bagi para tamu undangan saja.


Namun kalau tidak menggunakan jasa katering, dan konsumsi dapat dipenuhi bersama memasak sendiri maka tugas seksi konsumsi menjadi lebih berat.

Selain menegaskan ketersediaan hidangan di hadapan para tamu, namun termasuk bertugas sebagai juru masak.

Selanjutnya selain ketiga tugas tersebut, pada sementara hari-H tetap terdapat beberapa lapisan panitia pernikahan lainnya, diantaranya adalah:


* Seksi penerima tamu

* Pengiring pengantin

* Seksi perlengkapan dan sound system

* Seksi keamanan

* Master of Ceremony (MC)

* Seksi ketertiban

* Seksi kebersihan


Meskipun nampaknya sederhana, namun kamu tetap wajib membawa dampak lapisan panitia pernikahan ini. Karena nyatanya banyak sekali faedah yang sanggup diperoleh berasal dari adanya panitia pernikahan.

Memangnya siapa yang tidak rela acara sakral yang dikehendaki berjalan satu kali seumur hidup ini tidak berjalan bersama lancar, tentu tidak dapat tersedia bukan?